Selama ini Kita Keliru! Kapten Jack Sparrow Ternyata Adalah Seorang Muslim


Reportaseterkini.net - Drama pentas berjudul 'A Christian Turn'd Turk' yang ditulis Robert Daborne tahun 1612 bercerita tentang tokoh sejarah pelaut asal Inggris yang berubah keyakinan menjadi Islam bersama semua kru kapalnya.
.
Ia bernama John Ward atau Jack Birdy. Di usia dewasa ia direkrut Ratu Elizabeth I menjadi perwira angkatan laut yang bertugas menjarah kapal-kapal Spanyol. Ia diberhentikan dari tugas saat Inggris menyudahi perang dengan Spanyol tahun 1603.
.
Sempat menjadi nelayan, di tahun yang sama ia berubah pikiran. Bersama 30 temannya Jack merampas kapal di dermaga Portsmouth dan menjadi bajak laut. Ia didapuk menjadi kapten bersama gerombolannya, merampas kapal-kapal pedagang di lautan dari ukuran kecil hingga besar. Ia menjadi tokoh bajak laut paling menakutkan di seluruh lautan.
.
Akibat kegiatan kriminal ini, mereka menjadi buronan dan kabur ke Tunisia. Raja James I tidak mengabulkan permohonan ampunnya, hingga ia pun meminta suaka ke penguasa Tunisia Usman Dey yang ada di bawah kekhilafahan Utsmani.
.
Ditengah pelariannya, ia mengagumi burung-burung kecil yang hidup di Tunisia hingga ia oleh warga di juluki Jack Asfour. Dalam bahasa arab asfour artinya burung gereja, yang dalam bahasa Inggris disebut 'Sparrow'. Inilah asal muasal nama Sparrow, yang dijadikan nama belakang Jack dalam versi Hollywood.
.
Kapten Jack menjadi muslim di antara tahun 1607 sampai 1610. Ia menghabiskan masa tuanya di tempat yang nyaman di Tunisia sampai meninggal tahun 1622, kemungkinan besar karena wabah pada usia 70 tahun. (diolah dari berbagai sumber). [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Selama ini Kita Keliru! Kapten Jack Sparrow Ternyata Adalah Seorang Muslim "

Post a Comment