Kata Rasulullah Inilah Amal Shalih yang Terus Mengalir Pahalanya Setelah Meninggal


Reportaseterkini.net - Pertama, tujuh amal shalih yang pahalanya terus mengalir sesudah pelakunya meninggal dunia. Rasulullah ﷺ bersabda: “Sesungguhnya termasuk yang diperoleh seorang mukmin dari amalannya dan kebaikannya sesudah kematiannya adalah ilmu yang ia sebarluaskan, anak shalih yang ia tinggalkan, atau mushaf (Al Qur’an) yang ia wariskan, atau masjid yang ia bangun, atau rumah singgah yang ia bangun untuk orang yang dalam perjalanan, atau sungai yang ia alirkan (untuk irigasi), atau sedekah yang ia keluarkan dari hartanya pada waktu sehatnya dan ketika ia masih hidup, (semua ini pahalanya) akan menyusulnya sesudah kematiannya.” (Shahih Sunan Ibnu Majah, I/46)

Kedua, meninggal ketika berjaga di jalan Allah.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Barangsiapa meninggal dunia saat ia berjaga di garis depan (di jalan Allah), maka mengalir pahala untuknya semisal itu juga (pahala puasa dan sholat malam selama sebulan), diberikan rezeki kepadanya, dan ia aman dari tukang penyebar fitnah.” (Shahihul Jami’, no. 6259)

Tahukah engkau wahai saudaraku, apa pahala orang yang berjaga di jalan Allah? Setiap hari dan setiap malam ia berjaga itu pahalanya seperti pahala ia berpuasa dan mengerjakan sholat malam sebulan. Dalam riwayat lain disebutkan: “Semua orang yang mati itu ditutup (pahala) amalannya, kecuali orang yang mati saat berjaga di jalan Allah. Karena, pahala amalannya akan terus ditumbuhkembangkan sampai hari kiamat dan ia diberi jaminan keamanan dari fitnah kubur.” (Shahihul Jami’, no. 4562)

Ketiga, orang yang mengajak orang lain menuju hidayah. Rasulullah ﷺ bersabda: “Barangsiapa mengajak orang lain menuju hidayah, maka ia mendapatkan pahala semisal pahala orang yang mengikutinya, dengan tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun.” (Shahih Muslim, no. 2674)

Duhai alangkah bahagianya dan beruntungnya orang yang melalui tangannya Allah memberi hidayah orang lain. Karena setiap amal ketaatan yang ia lakukan kembali kepadanya semisal pahala dan kebaikan itu di timbangan yang pertama. [muslimah.or.id/ reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...

0 Response to " Kata Rasulullah Inilah Amal Shalih yang Terus Mengalir Pahalanya Setelah Meninggal "

Post a Comment