Astaghfirullah!! Dosa Besar ini Bisa Jadi Sering Kita Lakukan Tanpa Sadar



Reportaseterkini.net - BANYAK orang yang beranggapan bahwa dosa besar itu hanya perbuatan syirik, zina dan lain sebagainya. Padahal ada banyak jenis dosa besar yang sering dilakukan manusia tanpa sadar. Perbuatan apa sajakah yang dimaksud? Berikut diantaranya.
.
1. Riba. Dosa besar pertama yang sering dilakukan oleh umat manusia tanpa disadari adalah riba. Riba sendiri merupakan penetapan bunga pinjaman atau dengan kata lain melebihkan jumlah pengembalian pinjaman berdasarkan presentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok.
.
Di masa modern sekarang ini, banyak sekali kasus riba yang kita jumpai dalam berbagai macam bentuk dan dengan nama yang berbeda. Seperti terjadi pada transaksi perbankan (bunga), jual beli secara kredit, ataupun asuransi.
.
2. Riya’ (Pamer). Perbuatan yang menimbulkan dosa besar tanpa disadari selanjutnya adalah riya’ (pamer). Riya’ merupakan salah satu perbuatan yang dilarang di dalam ajaran Islam. Bahkan Allah SWT telah berfirman bahwasanya orang-orang yang kerap berbuat riya’ termasuk dalam golongan orang yang celaka.
.
Riya’ bisa berwujud dalam berbagai bentuk, mulai dari memamerkan harta bendanya , menyebut kebaikannya, hingga mengupdate ibadah yang telah dilakukannya di sosmed.
.
3. Menyakiti Tetangga. Dosa besar selanjutnya yang tanpa sadar dan bahkan sering dilakukan oleh manusia yakni menyakiti tetangga. Tetangga merupakan orang yang tinggalnya berdekatan dengan kita. Di dalam Islam, kita dianjurkan untuk senantiasa berbuat kebaikan kepada tetangga dan orang-orang terdekat.
.
Namun, banyak orang yang tidak menjalin hubungan baik dengan tetangga mereka. Bahkan ada di antaranya yang bertengkar lalu tidak saling bertegur sapa satu sama lain. Selain itu, banyak juga yang melakukan kekerasa ataupun berkata kasar kepada tetangganya sehingga melukai hati tetangga tersebut.
.
Padahal sebenarnya, menyakit tetangga itu termasuk dalam dosa besar yang sering diabaikan. Ternyata orang yang menyakiti tetangganya tidak akan masuk ke dalam surga. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.
“Tidak masuk surga seseorang yang tetangganya tidak merasa aman dari kejahatannya.” [HR. Bukhari dan Muslim]
.
.
Wallahua a'lam | via islampos.com |

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Astaghfirullah!! Dosa Besar ini Bisa Jadi Sering Kita Lakukan Tanpa Sadar "

Post a Comment