yuk Amalkan, 6 Amalan Sunnah Di Hari Raya Idul Adha



Reportaseterkini.net - Sebagai ibadah tahunan, maka hendaknya kita laksanakan dengan sesempurna mungkin dengan menjalankan semua amalan-amalan sunnah pada hari Idul Adha dengan niat tulus dan mengharap pahala dari Allah SWT.
.
Berikut sunnah yang dianjurkan oleh para ulama’.
.
Pertama, Mengumandangkan takbir di Masjid-masjid, Mushalla dan rumah-rumah pada malam hari raya, dimulai dari terbenamnya matahari sampai imam naik ke mimbar untuk berkhutbah pada hari raya idul fitri dan sampai hari terakhir tanggal 13 Dzulhijjah pada hari tasyriq.
.
Kedua, mandi untuk shalat Ied sebelum berangkat ke masjid, hal ini boleh dilakukan mulai pertengahan malam, sebelum waktu subuh, dan yang lebih utama adalah sesudah waktu subuh, dikarenakan tujuan dari mandi adalah membersihkan anggotan badan dari bau yang tidak sedap, dan membuat badan menjadi segar bugar, maka mandi sebelum waktu berangkat adalah yang paling baik.
.
Ketiga, disunahkan memakai wangi-wangian, memotong rambut, memotong kuku, menghilangkan bau-bau yang tidak enak, untuk memperoleh keutamaan hari raya tersebut.
.
Keempat, memakai pakaian yang paling baik lagi bersih dan suci jika memilikinya, jika tidak memilikinya maka cukup memakai pakaian yang bersih dan suci, akan tetapi sebagian ulama’ mengatakan bahwa yang paling utama adalah memakai pakaian yang putih dan memakai serban.
.
Kelima, ketika berjalan menuju ke masjid ataupun tempat shalat Id hendaklah ia berjalan kaki karena hal itu lebih utama, dikarenakan dengan berjalan kaki ia bisa bertegur sapa mengucapkan salam sesama kaum muslimin. Selain itu disunnahkan melewati jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang dari tempat sholat Ied.
.
Keenam, untuk Hari Raya Idul Adha disunnahkan makan setelah selesai melaksanakan shalat Id, berbeda dengan Hari Raya Idul Fitri disunahkan makan sebelum melaksanakan shalat Id.
.
.
Selamat Berlebaran | Semoga bermanfaat | via islampos.com |

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " yuk Amalkan, 6 Amalan Sunnah Di Hari Raya Idul Adha "

Post a Comment