(Renungan) Ketika Masjid Mulai Sepi Setelah Ramadhan


Reportaseterkini.net - Setelah Ramadhan meninggalkan kita, kini suasananya berbeda, masjid pun tak seramai dulu dimana banyak orang yang semangat shalat berjamaah.
Kenyataan yang sekarang terjadi malah sebaliknya.
-
Perhatikanlah bahwa shalat berjama’ah itu sangat ditekankan sekali bagi kaum pria. Yang buta saja Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tetap menyuruhnya berjama’ah di masjid.
-
Ceritanya ada seorang laki-laki buta mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu dia berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku tidak memiliki orang yang menuntunku ke masjid’. Kemudian pria ini meminta pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar diberi keringanan untuk shalat di rumah. Pada mulanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi dia keringanan. Namun, tatkala dia hendak berpaling, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam memanggilnya lagi lantas berkata,
هَلْ تَسْمَعُ النِّدَاءَ بِالصَّلاَةِ
“Apakah engkau mendengar azan ketika shalat?”
Laki-laki buta tersebut menjawab, “Iya.”
Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,
فَأَجِبْ
“Penuhilah panggilan azan tersebut.” (HR. Muslim, no. 653)
-
Lihatlah laki-laki yang buta saja tetap diwajibkan shalat berjama’ah. Bagaimana dengan kita dalam keadaan sehat badan dan penglihatan pun masih normal?!
-
Subhanallah, sungguh kami rindu suasana ramadhan kala itu, semoga lewat postingan ini banyak yang sadar dan kembali memakmurkan masjid sama seperti waktu ramadhan dulu. 😭😭 bantu kami menyebarkan ini, semoga menjadi amal baik yang terus mengalir pahalanya. Aamiin.. [reportaseterkini.net / rumaysho]

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...