Merinding! [Sabda Nabi] Mengerikannya Azab dan Dosa Akibat Perbuatan Riba


Reportaseterkini.net - Mewaspadai Dosa Riba, Muslim manapun sejatinya tahu bahwa zina adalah salah satu dosa besar. Allah SWT menyebut zina sebagai kekejian (fâhisyah) dan jalan yang buruk (sâ-a sabîla) (Lihat QS al-Isra’ [17]: 38). Namun, tidak banyak yang mengetahui, ada dosa yang jauh lebih besar daripada zina. Karena itu, pasti azab bagi pelakunya pun lebih dahsyat dan lebih mengerikan daripada yang dialami oleh para pezina. Itulah riba!

Tentang dosa riba bahkan Rasulullah SAW bersabda, “Riba itu memiliki 73 pintu. Yang paling ringan dosanya adalah seperti seseorang yang menzinai ibunya sendiri (HR al-Hakim dalam Al-Mustadrak dan Al-Baihaqi dalam Su’ab al-Imân)

Zina adalah #dosa besar. Apalagi menzinai ibu sendiri, tentu lebih besar lagi dosanya. Namun, kata Nabi SAW, itu baru setara dengan dosa #riba yang paling ringan. Lalu bagaimana dengan dosa riba yang paling berat?

Rasulullah SAW pun pernah bersabda, “Satu dirham riba yang dimakan oleh seseorang, sementara ia tahu, adalah lebih berat (dosanya) daripada berzina dengan 36 pelacur (HR Ahmad, al-Baihaqi dan ath-Thabrani)

Satu dirham saat ini hanyalah setara dengan kira-kira Rp 60.000 saja (dinar-online. com, 10/2/2016). Dengan kata lain, seseorang yang memakan harta hasil riba hanya Rp 60.000 saja sama dengan telah berzina dengan 36 pelacur. Lalu bagaimana dengan harta yang mengandung riba yang jumlahnya lebih dari itu: jutaan hingga milyaran rupiah?

Andai disejajarkan dengan hukuman bagi pezina, berapa puluh, berapa ratus bahkan berapa ribu kali pelaku riba harus dirajam? Bagaimana pula dengan azab yang bakal dia rasakan di akhirat? Tentu amat dahsyat dan mengerikan! [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Merinding! [Sabda Nabi] Mengerikannya Azab dan Dosa Akibat Perbuatan Riba "

Post a Comment