Kalau Tidur, Hadap ke Kanan yah! Ini Sunnah Dan Manfaatnya


Reportaseterkini.net - Islam memang penuh rahmat dan berkah. Bagaimana tidak, Allah begitu cinta terhadap manusia sehingga segala tingkah-laku kita diberikan anjuan yang ketika kita mengerjakan ajuran dan aturan-Nya maka banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Allah menyeru sesuatu tentu bukan tanpa alasan. Semua yang dituliskan dalam Al Quran dan yang dilakukan Nabi yang disebut dengan sunah tentu memiliki arti tertentu yang berrujung pada kemaslahatan umat manusia.

Salah satu anjuran karna keciantaan Allah kepada manusia yakni anjuran untuk tidur miring kanan. Bagai mana posisi anda saat tidur? Miring Telentang atau tengkurap?. Ternyata posisi tidur tidak boleh disepelekan. Islam begitu sempurna sehingga mengatur tatacara tidur yang baik bagi manusia. seperti yang terdapat dalam sebuah hadit yang berbunyi: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (HR Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710). Hadits tersebut menyeru manusia untuk tidur diatas rusuk sebelah kanan. Itu artinya posisi tersebut adalah miring ke sebelah kanan. Namun apa sebenarnya manfaat dari tidur dengan posisi tersebut.

Dalam sebuah kajian menunjukkan bahwa tidur miring kanan adalah posisi tidur ayng sangat baik dilakukan dan sangat dianjurkan. Tahukah anda bahwa ukuran paru-paru sebelah kanan lebih besar dari pada ukuran paru-paru sebelah kiri. Karena hal tersebut, jantung menahan beban yang lebih sedikit dan lever pun berada berada pada kondisi yang setabil dan tidak tergantung saat tidur miring kekanan. Lambung juga berada pada posisi yang nyaman serta posisi tersebut aka membantu pengosongan lambung. Selain itu, dengan posisi tersebut juga akan mempermudahkan sekresi yakni berupa cairan lendir pada bronkutus (cabang paru-pau) sebelah kiri.

Banyak lagi manfaat yang didapat jika tidur dengan posisi miring kanan. Antara lain: Mengurangi beban jantung. Mengistirahatkan otak sebelah kiri Menjaga saluran pernafasan. Merangsang buang air besar (BAB). Meningkatkan pengosongan kandung empedu, pankreas. Mengisitirahatkan kaki kiri. Mengistirahatkan lambung. Menjaga kesehatan paru-paru. Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi. [reportaseterkini.net]

sumber: www.bersatulah.com

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...

0 Response to " Kalau Tidur, Hadap ke Kanan yah! Ini Sunnah Dan Manfaatnya "

Post a Comment