Wanita Wajib Tahu ini! Ini Hukumnya Wanita yang Sedang Haid Masuk Masjid


Reportaseterkini.net - Jumhur ahli fikih dari keempat madzhab berpendapat bahwasannya tidak boleh seorang wanita haid untuk berdiam di masjid, dengan dalil hadist riwayat Bukhari (974)dan Muslim (890),dari Ummu ‘Athiyah dia berkata:
.
“Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kepada kami untuk keluar rumah pada dua hari raya, termasuk remaja putri dan gadis pingitan, dan beliau memerintahkan wanita yang haid untuk menjauhi tempat shalat”.
.
Dalam hadist ini, Nabi shalallahu alaihi wasallam melarang wanita yang haid mendekati tempat shalat ‘id dan memerintahkan mereka untuk menjauhinya, dikarenakan disana terdapat hukum masjid, dan ini menjadi dalil dilarangnya wanita haid untuk memasuki masjid. Jumhur juga berdalil dengan hadist yang lain, akan tetapi hadist tersebut dhaif dan tidak boleh dijadikan hujjah, diantaranya hadist perkataan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam: “Tidaklah halal masjid untuk orang yang haid dan junub”. Hadist ini didhaifkan oleh syekh Albani dalam kitab Dhaif Abi Daud (232).
.
Sedangkan Bagaimanakah hukum syar’i tentang seorang wanita yang memasuki masjid padahal dia sedang haid untuk mendengarkan khutbah saja?
.
Jawaban Lajnah Daimah: Tidak boleh bagi seorang wanita yang sedang haid atau nifas untuk memasuki masjid. Sedangkan bila hanya lewat, maka diperbolehkan apabila ia mempunyai kepentingan dan yakin bahwa tidak akan mengotori masjid dengan najisnya, berdasarkan firman Allah Ta’ala: ”Dan (jangan pula menghampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, kecuali sekedar berlalu saja, sampai kamu mandi” (Qs An Nisa’:43).
.
Dan wanita yang haid termasuk dalam makna junub. Dalil selanjutnya adalah bahwa Nabi pernah memerintahkan Aisyah untuk mengambilkan kebutuhan beliau dari masjid sedangkan dia sedang haid. Demikian fatwa Lajnah Daimah no 6/272 [reportaseterkini.net]

Wallahu a’lam

Sumber : [muslimah.or.id #islamiQpedia]

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...