Ketika Beban Hidup Terasa Berat, Lantunkan Doa Ini. Niscaya (Inshaa Allah) Kemudahan Akan Segera Hadir


Reportaseterkini.net - Umat Islam dianjurkan untuk selalu bersabar dan tawakkal menghadapi segala cobaan hidup.

Alur kehidupan selalu berubah. Ada kalanya terasa ringan, namun tidak jarang terasa berat.

Dalam satu waktu, ada saatnya manusia mendapat masalah yang bertubi-tubi. Berusaha menyelesaikan, justru datang masalah lain yang semakin memberatkan.

Dalam kondisi seperti itu, seorang muslim dituntut untuk memohon keringanan kepada Allah SWT.

"Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Al-Insyirah : 6)

ALLAH itu tidak pernah memberikan ujian kepada hamba-Nya jika IA tidak mengetahui batas kemapuan hamba-Nya tersebut. Ya, ALLAH itu MAHA TAHU akan segala ciptaan-Nya, baik itu yang ukurannya besar maupun yang terkecil sekalipun. Tidak satupun dari semua itu yang luput dari pandangan dan rencana-Nya. Tidak pernah sekalipun rancangan-Nya meleset dari tujuan awalnya. Tidak. Begitu pun kita sebagai manusia. ALLAH lebih tahu akan kemampuan dan kapasitas kita sebagai makhluk ciptaan-Nya dibanding diri kita sendiri. Jadi, mengapa kita merasa kita tidak sanggup melaksanakan sesuatu? Ada ALLAH tempat kita dapat bergantung dan mengadu.


Mengapa kita harus merasa begitu terpuruk dan sedih saat kita tidak mencapai apa yang kita inginkan? Ada ALLAH yang dapat menghibur dan melapangkan hati kita. Mengapa kita harus merasa sendiri dan marah jika kita mendapat tugas dan amanah yang banyak? Ada ALLAH yang lebih mengetahui kapasitas dan kemampuan kita dalam menyelesaikan dan mengerjakan sesuatu. Ya, bukankah ALLAH selalu ada untuk kita? :)

Saat menghadapi beratnya beban hidup, dianjurkan untuk bersabar dan memanjatkan doa ini, yang terkandung dalam Surat Al Baqarah ayat 286.

" Rabbanaa laa tu’aakhidznaa in nasiinaa au akhtha’naa. Rabbanaa wa laa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘alaa alladziina min qablina. Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaa qatalanaa bihi. Wa’fu’annaa, waghfirlanaa, warhamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa ‘alaa al-qaumi al-kaafiriin."

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat, sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir." [reportaseterkini.net]

Sumber : dream.co.id

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...