Kawan, Kalau Minum Jangan Lupa Duduk Dan Pakai Tangan Kanan yah, ini Sebabnya!


Reportaseterkini.net - KEBIASAAN yang senantiasa dilaksanakan oleh Nabi Muhammad ﷺ dan disunnahkan bagi seluruh umatnya untuk dilaksanakan ketika sedang minum.
.
Mau tahu apa saja itu, ini dia!.
.
Pertama dan paling utama, tentu saja membaca basmalah.
.
Kedua, minum dengan menggunakan tangan kanan, bukan tangan kiri, ya. Hafshah RA berkata, “Bahwa Rasulullah ﷺ menggunakan tangan kanannya untuk makan, minum, dan berpakian. Dan menggunkan tangan kirinya selain untuk itu,” (HR. Abu Dawud – Shahih).
.
Ketiga, bernafas tiga kali saat berhenti minum. Anas RA berkata, “Bahwa Rasulullah ﷺ bernafas tiga kali saat minum,” (HR. Muttafaq ‘alaih). Maksudnya, benafas tiga kali ketika minum itu ialah bernafas di luar tempat minum. Ini adalah dalil bahwa petunjuk Nabi ﷺ dalam minum adalah tiga kali tegukkan.
.
Keempat, larangan bernafas di dalam tempat minum. Abu Qatadah RA berkata, “Bahwa Rasulullah ﷺ melarang bernafas di dalam tempat minum,” (HR Muttafaq ‘alaih).
.
Kelima, kalau minum sambil duduk. Kalau berdiri kaya hewan aja. Rasulullah ﷺ bersabda, “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Jika lupa, maka muntahkan air yang telah kamu minum,” (HR Muslim).
.
Keenam, larangan menup saat minum. Kalau panas tunggu saja dulu, sampai dingin minumannya. Ibnu Abbas RA berkata, “Bahwa Rasulullah ﷺ melarang bernafas atau meniup di dalam tempat minum,” (HR. Al-Jami – Shahih).
.
Ketujuh, biasakan ucapakan hamdalah “Alhamdulillah” selesai dalam melakukan sesuatu.
.
Nah, itu dia sunnah yang dianjurkan kepada umat Nabi Muhammad ﷺ ketika minum. Kalau kita mengaku sebagai umatnya, kok tidak menjalankan sunnahnya, sih! [dr/islampos].
.
.
Semoga bermanfaat | via islampos.com

Subscribe to receive free email updates: