Allahhu Akbar!! Anda Pasti Terkejut, Inilah Buah Pertama yang Ada Di Bumi ini


Reportaseterkini.net - Tanaman (Phoenix dactylifera) termasuk dalam keluarga palem. Spesies dactylifera tersusun atas dua kata, dari bahasa Yunani kuno dan Latin, yaitu dáktulos dan ferō. Kata dáktulos berarti jari, sedangkan ferō bermakna: saya memberi. Bentuknya memang menyerupai jari, yakni oval silindris. Panjangnya sekitar 3 - 7 cm, berdiameter 2-3 cm dengan warna kulit bervariasi, tergantung jenisnya. Pohon kurma memiliki ketinggian antara 15 - 25 m yang tumbuh tunggal atau bergerombol.

Tanaman ini diyakini berasal dari daerah Teluk Persia atau sekitar Irak. Seperti halnya cokelat dan kelapa, pohon kurma dianggap sebagai tanaman kuno yang diduga sudah ada sejak ribuan, bahkan jutaan tahun silam. Legenda Arab bahkan menyebutkan bahwa Tuhan menciptakan tanaman kurma dari sisa tanah dan debu penciptaan Nabi Adam sehingga kurma pun dipercaya sebagai tanaman tertua di dunia.
     
Penemuan arkeologi menunjukkan bahwa kurma sudah dibudidayakan bangsa Mesopotamia yang tinggal di antara Sungai Efrat dan Sungai Tigris sejak 5000 SM. Bukti hampir serupa yang berusia lebih 6000 SM juga ditemukan di daerah Arab bagian timur. Selanjutnya, tanaman kurma tersebar hingga Asia bagian selatan dan barat daya, Afrika bagian utara, Eropa Selatan seperti Spanyol dan Italia, bahkan hingga ke Meksiko dan California, Amerika Serikat.
     
Secara ilmiah, tanaman kurma kurang ideal jika dibudidayakan di Indonesia. Pasalnya, pohon kurma memerlukan kondisi cuaca yang kering dengan curah hujan rendah, bersuhu antara 40º - 50º C, sementara di Indonesia biasanya hanya mencapai 33º C. Namun ternyata, ada beberapa varietas kurma yang bisa tumbuh subur hingga berbuah di Indonesia, seperti di daerah Bekasi, Bandung, Bangka Belitung, bahkan di Jakarta. (f)
Sumber : femina.co.id

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :

Floating Ads