Jika Ibumu Masih Ada, Sayangilah Dia.. Jika Ibumu Sudah Tiada, Mohon Doakan-lah Dia


Reportaseterkini.net - Ibu adalah orang yang paling layak untukmendapatkan perlakuan yang paling baik. Kedudukan ibu lebih utama.
.
Dari Mu’awiyah bin Haidah Al Qusyairiradhiallahu’ahu, beliau bertanya kepada Nabi: “wahai Rasulullah, siapa yang paling berhak aku perlakukan dengan baik? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: ayahmu, lalu yang lebih dekat setelahnya dan setelahnya” (HR. Al Bukhari dalamAdabul Mufrad, sanadnya hasan).
.
Syaikh Fadhlullah Al Jilani, ulama India, mengomentari hadits ini: “ibu lebih diutamakan daripada ayah secara ijma dalam perbuatan baik, karena dalam hadits ini bagi ibu ada 3x kali bagian dariyang didapatkan ayah. Hal ini karena kesulitan yang dirasakan ibu ketika hamil, bahkan terkadang ia bisa meninggal ketika itu. Dan penderitaannya tidak berkurang ketika iamelahirkan. Kemudian cobaan yang ia alami mulai dari masa menyusui hingga anaknya besar dan bisa mengurus diri sendiri. Ini hanya dirasakan oleh ibu”
.
Sesungguhnya Allah SWT melalui firmannya dalam Al-qur’an dan Raslulloh SAW dalam haditsnya telah memerintahkan kepada kita semua sebagai orang muslim, agar menghormati, memuliakan, mentaati perintahnya (ibu) yang tidak untuk bermaksiat kepada Allah SWT, menyayanginya sampai akhir hayatnya, dan selalu mendo’akannya ketika sudah wafat. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: