Kisah Masjid Raksasa Di Bukit Camlica, Istanbul Turki, Yuk Simak Kisahnya di sini

Reportaseterkini.net - Kota Istanbul di Turki adalah pertemuan Eropa dan Asia yang dibelah Sungai Bosphorus. Namun, aneka objek wisata di Istanbul kebanyakan ada di sisi Eropa. Sebuah masjid raksasa pun sedang dibangun di Istanbul sebelah Asia.


Selama 10 tahun memimpin pemerintahan Turki, Perdana Menteri Turki Reccep Tayyip Erdogan tergolong berhasil. Ia dipuji karena berhasil membenahi transportasi terpadu antarkota, membangun pemukiman bagi warga miskin, dan meningkatkan disiplin warga untuk menjaga kebersihan.
.
Tapi semua itu rupanya tak cukup. Erdogan yang dalam pemilu dua pekan lalu harus bertukar posisi menjadi Presiden Turki, juga ingin meninggalkan warisan bersejarah lainnya. Seperti ingin mengikuti jejak Sultan Mehmet yang membangun Masjid Biru, sejak November 2014 lalu Erdogen mencetuskan rencana membangun masjid terbesar di Turki bagian daratan Asia. Lokasi persisnya di atas Bukit Camlica.
.
"Erdogan memang ingin daratan Asia pun punya masjid yang membanggakan seperti di sisi daratan Eropa," kata Enver Yilmaz, 63 tahun, warga Istanbul yang beristerikan Fardal Dalle Yilman pemilik akun @fardalyilmazjewels asal Toraja, Sulawesi Selatan.
.
Meski cahaya mentari menyorot terik, suhu di bukti ini terasa dingin seperti di Puncak, Bogor. Ibu-ibu yang mendominasi rombongan Zoya maupun para suami dan beberapa anak mereka terlihat lebih ceria, meski harus berjalan kaki mendaki bukit sekitar 200 meter dari area parkir bus.
.
Di atas bukit Camlica ini terdapat beberapa bangunan dan taman cukup luas. "Ini merupakan tempat peristirahatan para sultan dan keluarga," kata Mehmet Cemili salah satu pemandu wisata rombongan Zoya.
.
Setelah menjadi objek wisata sejarah, taman-taman ini dilengkapi dengan puluhan kursi dan meja. Di situ para traveler dapat duduk-duduk bersantai sambil menikmati kopi atau teh berikut roti khas Turki yang dijual di lokasi tersebut.
.
Semoga bermanfaat | via detik travel.com

Subscribe to receive free email updates: