Inilah Masjid Kobe, Bom Atom Dan Gempa Dahsyat Tak Meluluh Lantakkan Masjid ini

Reportaseterkini.net - Jika kita terpana melihat Masjid Darussaam di Aceh yang tak ikut tergulung tsunami pada tahun 2004 silam, maka fenomena Masjid Muslim Kobe lebih menakjubkan lagi. Masjid di Jepang ini tetap utuh setelah bom tahun 1945, pun tak goyah saat gempa tahun 1995. Subhanallah, Maha Kuasa Allah melindungi rumah-Nya.


Dalam sejarah kita ingat adanya bom atom Hiroshima dan Nagasaki yang pernah menghancurkan leburkan Jepang pada saat Perang Dunia kedua. Tentu itu adalah catatan tak terlupakan karena momen itu lah negara kita dapat mencapai kemerdekaan. Namun ada satu peristiwa menarik saat itu. Yakni keberadaan Masjid Kobe yang tetap utuh seakan tak tahu sejarah bom mematikan tersebut.
.
Bom sekutu yang meluluh lantakkan negeri sakura ternyata tak hanya berjumlah dua. Hujan bom yang tak berperikemanusiaan pun terjadi di luar Kota Hiroshima dan Nagasaki, salah satunya yakni di kota Kobe. Saat itu kondisi kota benar-benar hancur. Puing-puing reruntuhan tersebar di mana-mana. Hanya satu bangunan yang tetap kokoh, yakni Masjid Muslim Kobe.
.
Tentara Jepang dan masyarakat bahkan berlindung di masjid tersebut. Luar biasa, tak ada sedikit pun retak pada dinding masjid. Bahkan seandainya masjid tak terkena langsung bom ganas tersebut, semestinya lah masjid tetap hancur dengan kerasnya suara dan getaran yang ditimbulkannya. Namun semua teori itu tak berlaku. Masjid Muslim Kobe tetap berdiri tegak tanpa cacat. Hanya ada satu tanda masjid tersebut selamat dari bom, yakni bekas asap hitam yang tertoreh di dinding luar masjid. Itu saja.
.
Tak hanya bom perang dunia, kekokohan masjid diuji kedua kalinya dengan adanya gempa bumi. Bencana gempa Great Hanshin berkekuatan 7,3 skala richter mengguncang Kota Kobe pada tahun 1995. Banyak nyawa terenggut dan banyak bangunan kota hancur. Namun lagi-lagi, Masjid Muslim Kobe tetap berdiri tegak di antara puing reruntuhan. Masjid bahkan dibuka dan bertambah fungsi menjadi tempat pengungsian serta penyelamatan para korban.
.
Semoga bermanfaat | via republika.co.id 

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :

Floating Ads