Allahhu Akbar!! Ini Hikmah Luar Biasa Di Balik Perintah Berqurban

Reportaseterkini.net - SETAHUN sekali kita akan merayakan hari raya Idul Adha. Di mana pada hari raya ini, cucuran darah terjadi di mana-mana. Darah-darah itu bukanlah darah manusia yang teraniaya. Melainkan hewan yang diqurbankan. Ya, hewan yang disembelih, yang nantinya daging hewan tersebut diberikan pada orang-orang yang tidak mampu atau yang berhak menerimanya.


Nah, dikesempatan setahun sekali ini, maka alangkah baiknya jika Anda juga berqurban, jika memang Anda memiliki harta yang cukup untuk membeli hewan untuk diqurbankan. Mengapa? Sebab, Selain menjaga fitrah dan menguji tingkat ketaqwaan, di balik perintah ini terdapat hikmah yang luar biasa. Apakah itu?.
.
1. Kebaikan dari Setiap Helai Bulu Hewan Qurban
Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata, “Wahai Rasulullah ﷺ, ‘Apakah qurban itu?’ Rasulullah menjawab, ‘Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.’ Mereka menjawab, ‘Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?’ Rasulullah menjawab, ‘Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.’ Mereka menjawab, ‘Kalau bulu-bulunya?’ Rasulullah menjawab, ‘Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan’,” (HR. Ahmad dan ibn Majah).
.
2. Berqurban adalah Ciri Keislaman Seseorang
Dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda, “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami,” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).
.
3. Memotivasi Diri untuk Memiliki Harta dengan Berkeja Keras. Nabi Muhammad ﷺ sangat mengecam umatnya yang telah mampu berqurban, tetapi enggan untuk menunaikannya. Hal ini tergambar dalam sabdanya, “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu dia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami,” (HR. Ahmad dan Ibn Majah).
.
4. Berjiwa Sosial untuk Berbagi dengan Sesama
Dengan syariat qurban ini, kaum muslimin dilatih untuk meningkatkan rasa kemanusiaannya, mengasah kepekaannya dan menghidupkan hati nuraninya. Setiap muslim harus memiliki rasa perhatian, kepedulian, dan persaudaraan antara sesama.
.
Jadi, bagi yang mampu, jangan lupa yah berqurban tahun ini !.
.
Wallahu a’lam bishawab | www.fimadani.com 

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :

Floating Ads