Wahai Sahabatku, Jauhilah 5 Sifat ini !

Reportaseterkini.net - Dari Anas bin Malik ra., ia berkata: "Rasulullah saw. biasa berdoa: "Ya Allah! Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, sifat pengecut, menyia-nyiakan usia dan dari sifat kikir." (HR. Muslim)


●Pertama, Kelemahan.
Kelamahan tekad dan mental kita untuk berbuat baik akan menjadi sebab kegagalan hidup kita. Bahkan kebahagiaan tidak akan mampir pada sosok yang lemah jiwanya dalam melakukan kebaikan. Berlindung dari kelemahan maknanya memohon kepada Allah untuk selalu kuat dalam melakukan kebaikan-kebaikan.
.
●Kedua, Kemalasan.
Malas adalah penyakit menahun dan akut. Banyak pencapaian hidup kita, prestasi kita bahkan kebahagiaan kita tergerus hilang karena penyakit ini. Malas. Berlindung kepada Allah dari sifat malas artinya memohon kepada Allah Swt untuk agar diri kita selalu semangat memperjuangkan kebaikan dan prestasi hidup.
.
●Ketiga, Sifat Pengecut atau Takut.
Rasa takut dan pengecut adalah bukti sosok-sosok yg tidak bertanggung jawab. Sifat ini (takut dan pengecut) menjadi sebab diri kita malas berjuang dalam kehidupan. Tidak berani mencoba hal-hal baru demi mengusahakan kemuliaan hidup. Tidak berani memertahankan kebaikan dan menyebarkan kebaikan. Akhirnya, kita menjadi sosok-sosok yg jalan di tempat karena takut.
.
●Keempat, Menyia-nyiakan Usia (al-haram).
Maknanya juga berlindung dari kejelekan umur (masa tua). Saat muda kita enggan berbuat lebih, berjuang lebih, malas-malasan, akhirnya di masa tua kita penuh penyesalan. Saat kita mau berjuang, usia tua sudah banyak nikmat yg diambil. Mumpung masa tua belum tiba, teruslah berjuang dan berusaha di masa kini. Sehingga kelak hidup kita lebih bermakna.
.
●Kelima, Kikir (pelit).
Sifat kikir lawannya dermawan. Derma kita tidak pernah tak berbalas. Seseorang yg dermawan sudah pasti Allah berikan balasan, baik di dunia maupun di akhirat berupa kemudahan dan kebaikan hidup. Sebaliknya, sosok yang pelit tentu tidak hanya hatinya sempit tapi hidupnya juga pasti sempit. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...