Untuk Kamu yang Kecanduan Selfie dan Mengumbar Aurat, Mohon Luangkan Waktu Untuk Membaca ini

Reportaseterkini.net - Selfie adalah sebuah fenomena, di mana seseorang memotret diri sendiri, dgn menampilkan wajah maupun seluruh tubuh. Foto selfie biasanya dilakukan kemudian di upload ke social media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan jejaring sosial lainnya.


Karena kata ‘selfie’ begitu populer, Oxford menobatkan kata ini sebagai “Word of The Year” pd tahun 2013.

Mengapa Orang Suka Memotret Diri Sendiri?

Sebuah penelitian yg dikutip dari -the guardian- menyebutkan, sering memotret diri sendiri adalah "salah satu ciri orang yg tidak percaya diri".
Selain itu, fenomena ini terjadi karena pd dasarnya manusia suka mencoba identitas baru. Orang yg gemar berfoto selfie umumnya memiliki banyak sekali pose diri sendiri. Akan tetapi tidak semua foto yg diunggah ke media sosial. Mereka hanya memilih foto yg disukai atau bahkan foto yg dimanipulasi secara digital agar terlihat lebih bagus.
.
Bagaimana Hukum Islam terhadap hal ini?
.
Selfie dlm perspektif Islam, yaitu menumbuhkan sifat riya' (ingin dipuji orang lain) dan 'ujub (mengagumi diri sendiri) bahkan juga potensial menumbuhkan takabur, meingat selfie biasanya sambil -mempertujukkan sesuatu/aurat - yg dilarang dlm Islam.
Rasulullah SAW pun menyebutnya sebagai dosa besar yg membinasakan pelakunya.
.
"Tiga dosa pembinasa: sifat pelit yg ditaati, hawa nafsu yg dituruti, dan ujub seseorang terhadap dirinya" (HR. Thabrani dari Anas bin Malik).
.
Dlm hadits lain Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah mencintai hamba yg bertaqwa, yg berkecukupan, dan yg tidak menonjolkan diri." (HR. Muslim dari Abu Said al-Khudri).
.
Allah SWT berfirman:
“Hai Nabi, katakanlah kpd istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin : Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal dan oleh karenanya mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. Al-Ahzab: 59)
.
Bagi seorang Muslim, ketika selfie sepantasnya menyimpan foto utk dokumentasi pribadi saja, tanpa dipublikasikan di media sosial.
INGAT!!! Ada Azab Allah. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...