Peneliti : Al - Qur'an Terbukti Mempengaruhi Daya Ingat Anak, Masha Allah Silahkan Share !!

Reportaseterkini.net - Mengajar alQuran kepada bayi dan Anak anak adalah berbeda dari mengajar orang dewasa. Mengajar anak anak perlu lebih kreatif dengan memahami dunia anak anak yang perlu bermain.



Sebagai contoh, bayi setahun lebih akan memaksa orang tua kreatif dalam mencuri perhatiannya untuk menyebut setiap flashcard yang ditunjukkan karena pada waktu ini mereka dalam peringkat suka menerka dan mula melakukan aktif pada aktifitasnya sendiri. Ini lebih terlihat pada anak lelaki berbanding perempuan.
.
Rasululullah pernah bersabda: “Memberi ilmu ketika masih kecil, laksana melukis di atas batu!” (Riwayat Baihaqi dan Thabrani).
.
Sememangya ini telah dibuktikan dalam sains bahawa jalinan saraf neuron otak pada kanak kanak sangat aktif dimana pada 3 tahun pertama bayi, sejumlah 300 trillion sel penghubung diwujudkan di dalam otak dimana sebelumnya tiada.
.
Abu Hurairah R.A. Meriwayatkan Secara Marfu’ : “Siapa Yang Mempelajari Al Quran Ketika Masih Muda, Maka AlQuran Itu Menyatu Dengan Daging Dan Darahnya. Dan Siapa Yang Mempelajarinya Ketika Dewasa, Ilmu Itu Akan Lepas Darinya Dan Tidak Melekat Pada Dirinya, Maka Dia Mendapatkannya Pada Hal Dua Kali”. (Diriwayatkan Oleh Baihaqi, Dailam Dan Hakim)
.
Adapun beberapa cara memelihara dan mengembangkan memori anak yang dapat dilakukan diantaranya:
.
.1.Ajari anak untuk fokus dan perhatian pada pendidiknya.
.2.Faktor makanan adalah penentu untuk terpelihara kemampuan memori itu bekerja (zat-zat adiktif yang terdapat dalam makanan, perlahan tapi pasti akan merusak daya ingat anak-anak).
.3.Memberi penjelasan pada anak-anak atas nilai-nilai yang terkandung dalam bacaan yang dihafalnya, maka memori akan bekerja lebih eksis.
.4.Menghormati waktu bermain dan waktu istirahat anak.
.5.Jauhkan unsur-unsur yang dapat mengancam psikologi anak-anak ; celaan dan tekanan.
.6.Ciptakan motivasi-motivasi agar anak cenderung menyukai aktifitas menghafal.
.
wallahu a'lam bishawab | jangan lupa tag sahabatmu yang udah punya atau pengen punya dedek bayi! :).

semoga bermanfaat | via hijabalila.net

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...