Kamu Harus Tahu! Inilah 4 Waktu Mustajab Terkabulnya Do'a

Reportaseterkini.net - “Wahai manusia, selagi engkau berdoa dan berharap kepada-Ku, Aku mengampuni dosamu dan tidak Aku pedulikan lagi dosamu” (HR. At Tirmidzi, Hadits hasan shahih)
Sahabat.. Apakah memiliki keinginan yg belum terwujud??
Sudahkah berdoa dan memohon pada Allah dengan merendahkan hati??


Sesungguhnya ada waktu-waktu tertentu yg mustajab, artinya ketika memohon pada Allah dalam doa di waktu tersebut, insya Allah akan dikabulkan oleh-Nya.
.
●1. Saat adzan berkumandang

Dari Sahl bin Saad bahwa Rasul SAW bersabda, ”Ada dua yg tidak tertolak atau jarang tertolak: Doa pada saat adzan dan doa tatkala perang berkecamuk.” (HR. Abu Daud, Baihaqi, dan Hakim)
.
●2. Doa di antara Adzan dan Iqamah

Dari Anas bin Malik berkata bahwa Rasul SAW bersabda, “Doa antara adzan dan iqamah tidak ditolak, maka berdoalah kamu” (HR. Ahmad)
.
●3. Sebelum Salam pada saat Shalat Wajib “Ada yg bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda: “Diakhir malam dan diakhir shalat wajib” (HR. Tirmidzi, 3499)

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dlm Zaadul Ma’ad (1/305) menjelaskan bahwa yg dimaksud ‘akhir shalat wajib’ adalah sebelum salam. Dan tidak terdapat riwayat bahwa Nabi SAW dan para sahabat merutinkan berdoa meminta sesuatu setelah salam.
.
●4. Di hari Rabu, antara Dzuhur dan Ashar

Sunnah ini belum diketahui oleh kebanyakan kaum muslimin, yaitu dikabulkannya doa di antara shalat Zhuhur dan Ashar dihari Rabu. Ini diceritakan oleh Jabir bin Abdillah RA: “Nabi SAW berdoa di Masjid Al Fath 3 kali, yaitu hari Senin, Selasa dan Rabu. Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu diantara dua shalat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau.
Berkata Jabir: ‘Tidaklah suatu perkara penting yg berat pada saya kecuali saya memilih waktu ini untuk berdoa, dan saya mendapati dikabulkannya doa saya." “Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu di antara shalat Zhuhur dan Ashar” (HR. Ahmad, no. 14603, Al Haitsami dlm Majma Az Zawaid, 4/15. Wallahu'Alam [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...