Balaslah Keburukan Dengan Kebaikan, Masha Allah Rasakan Manfaatnya ..

Reportaseterkini.net - Dalam hidup ini, pasti ada saja orang yg tidak suka dgn kita. Jika orang tsb tak mengganggu, ada baiknya org-org semacam ini kita diamkan saja.


Namun kadang mereka cukup menyita pikiran dan hati kita karena berbuat sesuatu yg menyakitkan baik dari segi ucapan maupun perbuatan.
Maka timbul hasrat hati yg begitu besar utk membalas perbuatan mereka. Namun apakah hal ini diperbolehkan dlm agama Islam?

Allah SWT berfirman: “Tolaklah (kejahatan itu) dgn cara yg lebih baik, maka tiba-tiba orang yg antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yg sangat setia”. (QS. Fushilat: 34)

Menurut ayat diatas, Jika ada yg berbuat jahat terhadapmu, terlebih khusus lagi jika mereka adalah kerabatmu, sahabatmu, mereka berbuat buruk kpdmu, baik melalui lisan mereka maupun perbuatan mereka, Maka balaslah mereka dgn kebaikan.
.
Jika mereka memutus silaturrahim dgnmu, maka sambunglah kembali silaturahmi tersebut.
Jika mereka berbuat dzalim kpdmu, maka maafkanlah.
Jika lisan mereka mencaci, menghina dan menjelek-jelekanmu, pun maafkanlah! Balaslah dgn kata-kata lembut.
Jika mereka mendiamkanmu dan tidak mau berbicara dgnmu maka balaslah dgn mengucap salam dan mulai menyapa dgn kata-kata baik.
Maka jika semua hal itu kamu lakukan, niscaya org-org yg selama ini membenci dan memusuhimu akan berbalik menyayangi dan menjadi teman setiamu.
.
Jaga suasana hati. Jangan biarkan sikap buruk orang lain kpd kita menentukan cara kita bertindak!.
Pilih untuk tetap berbuat baik, sekalipun menerima hal yg tidak baik.
Ingatlah bahwa hati manusia ada di dlm kekuasaan Allah, Dia berkuasa membolak-balikkan hati. Mengubah benci jadi cinta adalah urusan mudah bagi-Nya.
.
Mengapa utk berbuat baik saja, kita harus menunggu diperlakukan dgn baik oleh orang lain dulu??
Lepaskanlah segala amarah dan gengsi yg membelenggu, yg menahanmu utk memaafkan dan berbuat baik pada orang yg sudah mendzalimimu.

Semoga kita menjadi hamba-hamba-Nya yg penuh dgn cinta terhadap sesama, bahkan bahkan pada mereka yg menyakiti kita. Aamiin. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...