Jika Mudik Bisa Membuat Orang Tuamu Bahagia, Maka Mudiklah! Simak 10 Tips Mudik Sehat dan Aman

Reportaseterkini.net - Jika dengan kita Mudik saat Iedul Fithri bisa membahagiakan Ibu Bapakmu, maka Mudik lah.



Jangan biarkan Ibu Bapakmu berkata :
"Tak Mengapa Kau tak pulang Nak, asal kebutuhan/keperluanmu (keluargamu) tercukupi...."
Jangan biarkan Ibu Bapakmu membohongi perasaannya.

Engkau masih bisa I'tikaf 7 hari (2,3 hari mudik), tentunya dalam perjalanan mudikmu tetap diisi dengan Ibadah2 yang lain, jangan pula sia-siakan waktu diperjalanamu, karena sangat banyak yang bisa kamu lakukan.

Wahai Para Perantau, Jika Mudikmu bisa membahagiakan Ibu Bapakmu, maka .... Mudik lah.

Semoga Kita semua bisa dimudahkan dalam rangka Berbakti kepada Ibu Bapak kita

10 Tips Mudik Sehat dan Aman dengan Kendaraan Sendiri

  1. Persiapkan diri anda baik secara fisik maupun psikologis. Sebaiknya tidak berangkat setelah pulang kerja, karena selain badan capek, psikologi anda juga lelah.
  2. Periksa kesehatan anda terlebih dahulu, terutama jika anda memiliki riwayat sakit tertentu. Jangan lupa membawa obat-obatan sesuai kebutuhan.
  3. Siapkan makanan dan minuman terutama untuk anak-anak di bawah lima tahun. Sebaiknya tidak membeli makanan sembarangan di pinggir jalan.
  4. Siapkan peta mudik dan pastikan peta mudik anda terbaharui. Gunakan alat bantu petunjuk arah, missal kompas atau GPS, jika diperlukan.
  5. Siapkan alat komunikasi seperti handphone dalam kondisi online untuk memudahkan dalam melakukan panggilan jika diperlukan. Jangan lupa membawa charger mobil.
  6. Jika memerlukan pertolongan medis, gunakan posko-posko kesehatan yang diberikan oleh pemerintah di sepanjang arus mudik.
  7. Dilangan mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk. Istirahat secara periodik untuk mengatasi lelah dan mengantuk. Ingat keluarga menunggu di rumah.
  8. Jika stamina tubuh terasa berkurang, jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau minuman yang dapat menambah tenaga tubuh sesaat.
  9. Periksa kondisi kendaraan dan pastikan kondisinya prima, mulai dari tekanan ban, oli, saringan udara, aki dan kelistrikan. Bawa sikring (fuse) cadangan bila diperlukan.
  10. Setelah tiba ditujuan, pastikan anda beristirahat yang cukup sebelum melakukan silaturahmi berkeliling rumah untuk menemui sanak saudara

  11. Selamat mudik dan mudik dengan selamat!

Subscribe to receive free email updates: