Benarkah Tidur Di Bulan Puasa Bernilai Ibadah ? Berikut Penjelasannya

Reportaseterkini.net - Sebuah hadits mengatakan bahwa "Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah". Apakah hadits ini benar ?. Mari kita simak ulasan pak Aji.


Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa "Tidurnya orang yang berpuasa ibadah, diamnya tasbih, doanya diijabah dan amalnya diterima.” maka menurut Syeikh Al Bani didalam kitabnya ”as Silsilah adh Dhaifah wa al Maudhu’ah” (10/230) adalah lemah.

Namun, perlu diketahui bersama bahwa ramadhan ialah bulan ibadah bagi setiap muslim. Bulan yang didalamnya diperintahkan untuk berpuasa, shalat tarawih, membaca al Qur’an, bersedekah, iti’kaf pada sepuluh hari terakhirnya.

Seseorang yang tidur dibulan puasa untuk menjaga staminanya agar kuat beribadah, tentu sangat diharapkan. Namun, banyaknya tidur akan menafikan hikmah dari disyariatkannya berpuasa yaitu untuk melakukan jihad dengan dirinya melawan berbagai tarikan-tarikan hawa nafsu dan syahwatnya selama puasa.

Nah, oleh karenanya, buat teman-teman nih, jangan kebanyakan tidur di bulan puasa yak. Banyakin ibadah itu lebih bagus, bisa nambah banyak pahala nya lho insyaAllah ! [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: