5 Fakta Mengesankan Muhammad Ali yang Perlu Kamu Ketahui

Reportaseterkini.net - Muhammad Ali, juara tinju dunia yang dikenal karena kecepatan, kecerdikan, dan kekuatannya, wafat pada usia 74 tahun di Phoenix, Amerika Serikat, Jumat (3/6/2016).


Tetapi Ali bukan hanya juara di dalam ring tinju. Ia juga adalah seorang aktivis yang gigih, orator yang cakap, dan dianggap sebagai salah satu pahlawan di negerinya, Amerika Serikat.

Muhammad Ali dianggap sebagai petinju terbaik sepanjang masa. Julukan "The Greatest of All Time" sebenarnya awalnya ia sendiri yang menciptakannya, tapi lama kelamaan orang-orang mulai sepakat sehingga julukan ini terus melekat kepadanya.

Muhammad Ali lahir dengan nama asli Cassius Marcellus Clay jr. Ia kemudian memeluk agama Islam setelah bergabung dengan organisasi Nation of Islam. Organisasi ini adalah sebuah perkumpulam kaum muslim kulit hitam, tetapi ajaran mereka sedikit menyimpang dari ajaran Islam yang sebenarnya.

Oleh pemimpin Nation of Islam, Cassius diberi nama baru "Muhammad Ali". Karena prestasinya yang hebat dan latar belakangnya sebagai seorang muslim, nama Muhammad Ali mulai mendunia. Ia kemudian berkenalan dengan banyak orang yang memperkenalkannya dengan ajaran Islam yang sejati. Beberapa tahun kemudian ia menjadi seorang muslim sunni yang taat.

Sebenarnya bukan hanya prestasi di atas ring yang membuat ia dikagumi banyak orang. Justru prestasinya di luar ring lah yang membuat namanya begitu harum. Sayangnya prestasi di luar ring ini justru jarang diketahui orang. Berikut ini kami mengulas 5 prestasi Muhammad Ali di luar ring tinju yang mampu membuat muslim di seluruh dunia bangga dan dapat menirunya, dilansir dari boombastis.

1. Ia Menyelamatkan Tawanan Perang Irak
2. Ia Menolak Dikirim ke Perang Vietnam
3. Ia Adalah Pejuang Persamaan Ras
4. Ia Menyelamatkan Seorang Pemuda Yang Ingin Bunuh Diri
5. Ia Adalah Ayah Yang Baik Kepada Anak-anaknya

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...