Tips Menciptakan Suasana Kemesraan Dalam Keluarga

Reportaseterkini.net - Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyemai dan memekarkan kecintaan kemesraan keluarga:


Pertama, mencuri-curi menatapnya. Meskipun ini kelihatan kecil dan banyak orang menyepelekan hal ini akan tetapi ini bisa berdampak amat luar biasa.
Ketika isteri cobalah sekali-kali perhatikan ia. Tataplah sekujur tubuhnya, mulai dari ujung rambut hingga ke telapak kaki. Perhatikan rambutnya, agak kusut, dan mulai ada beberapa uban. Positif thinking saja, mungkin dia tidak sempat mengurusnya.

Jika kita seorang istri, lihatlah tubuh suami kita, tubuh itulah yang seharian diluar bekerja dan berdakwah. Saat menyaksikan di depan kita ada seonggok tubuh tak berdaya. Setelah itu, bertekadlah untuk memperbaiki sikap-sikap buruk kita yang selama ini mungkin kita lakukan kepadanya. Berjanjilah!

Kedua, selalulah doakan mereka. Setiap kali usai shalat doakanlah suami/isteri dan anak-anak kita. Bayangkan wajah suami/isteri, lalu doakan satu persatu sambil menyebut namanya dan membayangkan rupanya.
Banyak contoh dalam Al-Quran bagaimana para Rasul berdoa untuk isteri dan anak keturunan mereka. Diantaranya: Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasa-an" (QS. Nûh : 28). .
.
Ketiga, beri hadiah. Kadangkala kita perlu mensyaratkan kepada diri kita sendiri, bahwa darimana saja kita berpergian sebaiknya membawa buah tangan, meskipun hanya sekedar sebuah permen. Ya, bukan permennya yang mereka lihat, bukan barangnya yang mereka perhatikan. Tapi, rasa ingat, kecintaan, dan pengorbanan kita yang mereka patri dalam hati.

Kebiasaan seperti ini dijamin akan mendatangkan kecintaan pada kita. ”Saling memberi hadiahlah kamu, niscaya kamu akan saling mencintai (tahâdû tahabbû),” begitu kata Nabi.
Itulah tiga penumbuh suasana hati. Siapapun kita yang dapat melakukannya akan dapat menghadirkan suasana mesra dalam kecintaan keluarga. Insya Allah. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: