Menurut Islam, Inilah Cara Sederhana Menentukan Kriteria Calon Suami - Istri yang Ideal

Reportaseterkini.net - Hampir dari kita jika diminta untuk memilih, tentu hampir semuanya memilih untuk diberi pasangan yang sempurna bin ideal.


Pilihan itu tidak ada salahnya alias sah-sah saja jika memilih untuk memiliki suami/isteri yang cakep, kaya, keturunannya baik, dan agamanya juga mumpuni.

Sungguh sebuah gambaran yang ideal. Namun yang bersama harus kita pahami, adakalanya semua sifat yang kita inginkan dan impikan itu tidak berkumpul jadi satu pada pasangan hidup kita.

Oleh karena itu, idealis boleh, tapi harus dilihat realitanya. Sifat ini, hampir-hampir tidak didapati kecuali pada diri segelintir orang yang hati mereka disinari petunjuk oleh Allah.

Karena menurut persepsi mayoritas manusia, ketika seseorang hendak menikah, dia harus melukiskan gambaran ideal tentang sosok seorang istri yang sesuai dengan ambisi dan angan-angannya.

Seolah-olah, dia sedang melukiskan dengan tangannya, sosok seorang wanita yang ada di dalam impiannya.

Ya, sesungguhnya bersikap sederhana dalam tuntutan dan sifat itu harus dan mesti diabadikan dalam benak masing-masing.

Dan Islam sederhana saja menentukan kriteria calon suami-istri kita.

Untuk yang laki-laki : Abdullah bin Amr berkata bahwa Rasulullah saw suatu saat bersabda: “Dunia ini sesungguhnya merupakan kesenangan dan kesenangan dunia yang paling baik adalah seorang wanita yang shalih” (HR Ibnu Majah)

Untuk yang perempuan: “Apabila datang kepadamu seorang laki-laki yang kamu ridhoi agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia (dengan putrimu). Jika kamu tidak melakukan demikian, maka akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang besar” (HR. Tirmidzi). [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: