Inilah 6 Cara Islami Hilangkan Rasa Galau

Reportaseterkini.net - Inilah 6 Cara Islami Hilangkan Rasa Galau


1. Sinyal paling mudah ditangkap dari orang yang galau adalah kecemasan dalam menghadapi masalah. Maka ketika kecemasan itu datang, cobalah ingat petikan ayat ini dalam Al-Qur’an “Fa inna ma’al usri yusroo, Inna ma’al usri yusroo, Faidza faroghta fanshob, Wailaa robbika farghob.”

2. Sadarkan diri kita diuji oleh Allah dengan masalah yang datang kepada kita, sebagai ujian ‘cinta’ alias keimanan kita kepada Allah. “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:"Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka...(QS. Al Ankabut 2-3).

3. Sertakan sikap sabar dan syukur, ketika masalah itu datang, karena masalah itu akan mendewasakan kita. “Sungguh menakjubkan urusan orang mukmin itu bahwa semuanya baik, tidak ada yang tidak baik. Dan yang demikian itu hanya dimiliki oleh seorang mukmin.... (HR. Muslim).

4. Kalo merasa memang harus curhat, carilah tempat curhat yang tepat, jangan membiasakan diri curcol di arena publik macam facebook atau twitter. Anas bin Malik ra menuturkan bahwa Baginda Rasulullah saw pernah bertanya kepada para sahabat,” Jika kalian melewati taman-taman surga, makan dan minumlah di dalamnya.” Para sahabat bertanya,” Apakah taman surga itu, wahai Rasulullah ?”. Jawab beliau,” Halaqah-halaqah (majelis-majelis) dzikir.” (HR. At-Tirmidzi).

5. Selalu tanamkan positif thinking. Pertama, positif thinking pada Allah SWT, karena Allah sesuai dengan persangkaan/mindset hambanya (Al Qur'an surat Ali Imran 154). Kedua, positif thinking pada diri sendiri “Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR. Ad-Daraquthni dan Ath-Thabarani).

6. Segera cari sarana atau wahana yang bisa membuat kita memiliki idealisme Islam, yakni tempat-tempat kajian Islam (halaqah), setelah itu istiqomahlah di dalamnya. "Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, ..". (QS. Fushilat 30) . [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...