Yang Mereka Sembah Selain Allah Itu Setan Dan Sia-sialah yang Menyembah Selain Allah

Reportaseterkini.net - Yang Mereka Sembah Selain Allah Adalah Setan. Yang mereka sembah selain Allah itu tidak lain hanyalah inaatsan (berhala), dan mereka tidak lain hanyalah menyembah setan yang durhaka, yang dilaknati Allah, dan (setan) itu mengatakan, “Aku pasti akan mengambil bagian tertentu dari hamba-hambamu”. (QS. 4/An-Nisa’ : 117-118)

gambar hanya ilustrasi
Keterangan:
1) Asal makna inaatsan ialah wanita-wanita. Patung-patung berhala yang disembah Arab jahiliyah itu biasanya diberi naman dengan nama-nama wanita seperti al-Lata, al-Uzza, Manah. Dapat juga berarti disini orang-orang mati, benda-benda yang tidak berjenis, dan benda-benda yang lemah.
2) Pada setiap manusia ada potensi untuk berbuat baik dan ada potensi untuk berbuat jahat, setan akan menggunakan potensi untuk berbuat jahat dalam mencelakakan manusia.

Sesembahan Selain Allah Adalah Bathil
Demikianlah, karena sesungguhnya Allah, Dialah (Tuhan) yang sebenarnya dan apa saja yang mereka seru selain Allah adalah bathil. Dan sesungguhnya Allah, Dialah yang Mahatinggi, Mahabesar. (QS. 31/Lukman : 30)

Sia-sialah yang Menyembah Selain Allah
Apa yang kamu sembah selain Dia, hanyalah nama-nama yang kamu buat-buat, baik oleh kamu sendiri maupun oleh nenek moyangmu. Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun tentang hal (nama-nama) itu. Keputusan itu hanyalah milik Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusi tidak mengetahui. (QS. 12/Yusuf : 40)

Perumpamaan Sesembahan Selain Allah
Wahai manusia! Telah dibuat suatu perumpamaan! Maka dengarkanlah! Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah, tidak dapat menciptakan seekor lalat pun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, mereka tidak dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Sama lemah yang penyembah dan di sembah. (QS. 22/Al-hajj : 73) [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: