Wahai Suami, Berkacalah Pada Sifat-Sifat Istri Anda yang Terpuji

Reportaseterkini.net - Memang ada kalanya seorang suami tidak puas dengan keadaan istrinya. Ia selalu mengingat kekurangan istrinya dan membandingkannya dengan wanita lain. Boleh jadi kekurangan istri dirasa cukup berat bagi suami, akan tetapi dalam waktu yang sama, sang istri juga sesungguhnya memiliki banyak kelebihan atau keistimewaan, serta sekian banyak sifat yang terpuji.


Ini semua menuntut sang suami untuk perlahan-lahan dan berhati-hati dalam mengambil sikap. Jangan sampai ia menilai dan menghukum istrinya hanya melalui aib-aibnya saja, akan tetapi ia harus melihat kebaikan dan keburukannya, serta kelebihan dan kekurangannya secara bersamaan.

Janganlah ia memberikan keputusan berdasarkan satu sudut pandang saja. Janganlah ia membenci istri karena satu perilaku yang menjadi bagian dari tabiatnya. Allah swt berfirman :

“ Dan bergaullah dengan mereka secara patut, kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak “. (QS.An Nisa’ : 19)

Oleh karena itu, janganlah seorang suami membenci istrinya karena perilaku tertentu. Sekali-kali jangan! Nabi bersabda :
“ Janganlah seorang mukmin itu membenci seorang mukminah. Jika ia benci pada satu perilaku, maka ia akan puas dengan perilaku yang lainnya “. (HR.Muslim)

Hendaklah suami itu sadar, bahwa ia tidak akan mendapatkan seorang istri yang bebas dari kekurangan. Boleh jadi istrinya itu, dengan segala kekurangan yang ada, tetap lebih baik daripada sekian wanita lainnya, hanya saja ia tidak melihat kekurangan atau aib wanita lainnya itu.

Jika anda ingin mengenal hal itu, peganglah kertas dan pena, dan tulislah kelebihan-kelebihan istri anda dan kekurangan-kekurangannya. Ketahuilah, bahwa dalam kehidupan rumah tangga ini tidak memungkinkan bagi anda untuk mendapatkan seorang istri yang seratus persen sesuai dengan kriteria yang anda inginkan. Sudah tentu terdapat perbedaan karakter, dan sudah tentu pula bahwa anda akan melihat sesuatu yang mengagumkanmu dan sesuatu yang tidak menyenangkan anda.

Ketahuilah hai para suami, istri anda tidak dan tidak akan seratus persen seperti yang anda inginkan. Sebab ia menerima pendidikan yang berbeda dengan pendidikan yang anda dapatkan, serta memiliki tabiat yang berbeda dengan tabiat yang ada pada diri anda. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...