Seperti inilah Wujud Amalan Kita Di Alam Kubur

Reportaseterkini.net - Kehidupan di alam kubur atau alam barzah adalah benar adanya. Kelak, di alam kubur setiap manusia akan menjumpai malaikat munkar dan malaikat nakir. Kedua malaikat itu akan mengajukan pertanyaan kepada si mayat. Rasulullah saw bersabda : “ Apabila ruh telah dikembalikan ke tubuhnya, maka akan datang dua malaikat yang berwibawa, mereka adalah munkar nakir yang akan bertanya “.


Siapa tuhanmu? Apa yang akan kamu katakan kepada laki-laki ini, yakni muhammad? Jika yang meninggal itu orang saleh, maka ia akan menjawab, Allah adalah tuhanku dan Muhammad adalah utusan Allah dan Al-Qur’an adalah diturunkan kepadanya dan aku mengimaninya. “ Memang benar hambaku itu, maka hendaklah kamu semua hamparkan hamparan dari surga dan pakailah pakaian-pakaian dari surga untuknya, sertabukalah pintu-pintu surga untuknya “. Maka terbukalah pintu-pintu surga untuknya disertai bau harum dari surga dan kuburnya pun menjadi luas sejauh mata memandang. Setelah itu datanglah sesosok yang rupawan dengan pakaian indah dan berbau wangi.
Lalu ia berkata, Bergembiralah kamu dengan apa yang menyenangkan kamu. Mayat itu lalu bertanya, Siapakah kamu? Allah mengasihi kamu, aku tidak pernah melihat seindah kamu di dunia. Lalu laki-laki itu menjawab, Aku adalah amal salehmu di dunia.

Rasulullah saw bersabda : Kalau orang tersebut termasuk golongan yang akan mendapat azab, apabila telah sampai ajalnya, maka malikat akan turun dari langit dengan membawa pakaian azab, lalu datang malaikat maut duduk di dekat kepalanya dan berkata, keluarlah kamu wahai nafsu yang jahat dan keluarlah dengan kemurkaan Allah swt.

Rasulullah saw bersabda : Apabila berpisah ruh dari badannya, maka segala sesuatu yang di langit dan di bumi mengutuknya. Semuanya akan mendengar kutukan tersebut termasuk manusia dan jin. Kemudian malaikat akan membawa ruh tersebut naik ke langit. Apabila mereka telah sampai di langit, maka tertutuplah pintu-pintu langit lalu terdengar suara, pulangkanlah ruh tersebut.
Lalu malaikat pun mengembalikan ke kuburnya. Setelah itu datanglah munkar nakir dengan suara seram, matanya seperti kilat yang menyambar. Kemudian malaikat itu duduk sambil bertanya, Siapakah tuhanmu?
Aku tak tahu, jawab si mayat. Diwaktu yang sama terdengarlah sebuah suara.
Wahai munkar nakir, pukul saja orang itu. Maka munkar nakir pun memukulnya dengan palu dari besi. Dengan pukulan tersebut, maka menyalahlah api dari kuburan itu. Tak hanya itu, kuburnya pun akan menjadi sempit hingga menghimpit tulang-tulangnya. Setelah itu, datanglah sosok yang menghampiri si mayat dengan rupa paling buruk dan hina serta baunya sangat busuk. Laki-laki itu lantas berkata, Allah telah membalas kejahatanmu, maka demi Allah tidaklah kamu melakukan suatu kebajikan, tapi kamu senantiasa lalai untuk taat dan senantiasa melakukan kemaksiatan kapada Allah swt. Si mayat bertanya, Siapakah kamu? Laki-laki itu berkata lagi, ‘’ Akulah amal perbuatanmu yang jahat ‘’. Lalu dibukakanlah pintu neraka dan si mayat pun melihat tempat tinggalnya di neraka hingga datangnya hari kiamat. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...