Pandai-Pandailah Merawat Istri, Begini Cara Rasulullah Memperlakukan Istrinya

Reportaseterkini.net - Seorang suami harus pandai memelihara dan menjaga istrinya secara lahir batin. Sehingga bisa menjadi istri yang ideal, ibu rumah tangga yang baik dan bertanggung jawab. Suasana harmonis sangat ditentukan dengan kerjasama yang bagus antara suami istri dalam menciptakan suasana yang kondusif dan hangat, tidak membosankan, apalagi menjemukan.


Salah satu contoh suasana harmonis dalam rumah tangga Rasulullah saw ialah beliau memanggil Aisyah ra dengan panggilan kesayangan dan mengabarkan kepadanya berita yang membuat jiwa Aisyah menjadi sangat bahagia.

Aisyah ra bercerita sebagai berikut :
Pada suatu hari Rasulullah berkata kepadanya. “ Wahai Aisy (panggilan kesayangan Aisyah ra), Malaikat Jibril tadi menyampaikan salam buatmu “. (muttafaqun alaihi)

Itulah salah satu contoh menciptakan suasana harmonis dalam rumah tangga yaitu memanggil istri dengan panggilan kesayangan. Kita masih sering melihat kaum suami yang memanggil istrinya seenaknya saja. Kalau begitu sikap suami, bagaimana mungkin keharmonisan bisa tercipta? Bagaimana mungkin akan tumbuh rasa cinta istri kepada suami?

Rasulullah saw selaku nabi umat ini yang paling sempurna akhlaknya dan paling tinggi derajatnya telah memberikan sebuah contoh yang berharga dalam  hal berlaku baik kepada istri dan dalam hal kerendahan hati, serta dalam hal mengetahui keinginan dan kecemburuan wanita. Belaiu saw menempatkan mereka pada kedudukan yang diidam-idamkan oleh seluruh kaum hawa. Yaitu menjadi seorang istri yang memiliki kedudukan terhormat disamping suaminya.

Aisyah ra menuturkan :
“ Suatu ketika aku minum, ketika itu aku sedang haid, lantas aku memberikan gelasku kepada Rasulullah dan beliau meminumnya dari mulut gelas tempat aku minum. Dalam kesempatan lain aku memakan sepotong daging, lantas beliau mengambil potongan daging itu dan memakannya tepat di tempat aku memakannya “. (HR.Muslim) [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...