Naudzubillah!! Inilah Perbuatan Jahiliyah Dan Termasuk Dosa Besar yang Di Sepelekan Wanita

Reportaseterkini.net - Berduaan dengan Lelaki Bukan Mahram . Maksud berduaan yang dilarang adalah seorang laki-laki berdua-duaan dengan seorang wanita yang bukan mahramnya ditempat yang tidak terlihat orang lain. Berduaan merupakan perbuatan jahiliyah dan termasuk dosa besar.


Hikmah pengharaman berdua-duaan dengan dengan lawan jenis adalah sebagai pencegahan agar tidak terjerumus atau mendekat kepada perbuatan keji, sehingga seseorang senantiasa berada dijarak yang jauh sebelum menjangkau batas-batas kejahatan yang benar-benar dilarang. Firman-Nya, “Itulah ketentuan-ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya” (Al-Baqarah [2] : 187). Berikut dalil-dalil tentang pengharaman berduaan dengan lawan jenis.

Pertama , dalil dari Al-Quran:

a. Allah berfirman,”Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka , maka mintalah dari belakang tabir. (cara) yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka” (Al-Ahzab [33] : 53).

Tentang tafsir ayat ini, Ibnu Katsir mengatakan,”Maksudnya sebagaimana Aku (Allah) telah melarang kalian menemui mereka, demikian pula janganlah kalian memandang mereka sama sekali. Seandainya salah seorang diantara kalian memiliki keperluan yang hendak didapat dari mereka, janganlah ia memandang mereka dan jangan meminta suatu keperluan kepada mereka kecuali dari balik tabir.”(cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka,.”

b. Allah berfirman,”Dan  tidak akan mendurhakai dalam urusan yang baik” (Al-Mumtahanah [60] : 12). Mujahid mengatakan ,”Wanita tidak boleh berduaan dengan laki-laki.” Abdurahman bin Zaid mengatakan,”Wanita tidak boleh berduaan maupun bepergian dengan laki-laki yang bukan mahram kecuali bersama mahramnya .”

Kedua, dalil dari As-Sunnah. 

Imam Ahmad mengeluarkan dari hadits jabir bahwa Nabi bersabda :
“Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, janganlah sekali-kali ia berduaan dengan seorang wanita yang tidak disertai mahramnya. Karena sesungguhnya yang ketiganya adalah setan.”
Maksudnya, setan menggoda melalui bisikan dan membangkitkan syahwat mereka berdua. Ubay mengatakan,”Janganlah seorang wanita menawarkan dirinya untuk berduaan dengan seorang laki-laki, meskipun hanya sebentar, karena hal itu sangat berbahaya, terutama pada zaman yang rusak ini. Wanita adalah fitnah, kecuali dalam interaksi wajar dengan maramnya yang senasab.” [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: