Melakukan 5 Hal Sederhana ini Ternyata Bisa Membahagiakan Istri loh, Para Suami Semoga Membaca ini

Reportaseterkini.net - Kehidupan rumah tangga memang. memerlukan sikap saling pengertian antara suami dan istri. Sikap saling pengertian tersebut tidak didapat tumbuh jika diantara suami istri tidak memiliki kepekaan terhadap kondisi psikologis satu sama lain terutama suami.Suami sebagai pemimpin rumah tangga perlu memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kondisi psikologis istri karena istri sebagai wanita memiliki perasaan yang halus. Ada kalanya sikap suami yang terlihat kecil dapat membuat istri sedih atau pun bahagia.


Berikut beberapa perilaku suami yang dapat membahagiakan istri :

1. Berusaha keras memenuhi kebutuhan rumah tangga meskipun istri bekerja

Menjadi kewajiban setiap suami memenuhi setiap kebutuhan rumah tangga. Akan tetapi, ada kondisi di mana kebutuhan rumah tangga lebih besar jika dibandingkan dengan pendapatan suami sehingga mengharuskan istri bekerja. Atau kondisi lain di mana sebelum menikah, si istri sudah lebih dulu bekerja dengan niat mencari nafkah agar bisa membantu perekonomian keluarga.

Jika kondisinya demikian yakni istri bekerja, tidak menghilangkan kewajiban suami untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Apalagi, sampai menggantungkan kebutuhan rumah tangga pada pendapatan istri.


Suami hendaknya menunjukkan sikap lebih bekerja keras dan berusaha agar dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga melalui pendapatannya. Sikap bekerja keras dan berusaha tersebut akan membuat istri terharu dan akan lebih ikhlas membantu suami dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga melalui pendapatan yang didapatnya.

2.  Tidak mencela masakan atau hasil pekerjaan rumah tangga yang dikerjakan istri

Memasak bagi sebagian istri bisa jadi merupakan hal yang sangat berat dilakukan. Bukan hanya karena pengalaman yang mungkin minim, tapi juga karena memang istri tidak memiliki minat bakat atau motorik yang kurang baik untuk memasak. Misalkan, sering tidak sengaja menjatuhkan sesuatu atau kurang peka memberi rasa pada masakan.

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam tidak sekali-kali mencela makanan. Jika Baginda menyukainya Baginda memakannya, dan jika Baginda tidak menyukainya Baginda akan meninggalkannya. (tidak memakannya).” (HR. Bukhari)


3. Menggunakan panggilan sayang di HP

Ketika telah menikah, biasanya pasangan suami istri akan memanggil dengan panggilan sayang. Bahkan Rasulullah pun memiliki panggilan sayang kepada istrinya, Aisyah Ra yakni Yaa Humaira yang artinya yang berpipi merah.

Apa yang dilakukan Rasulullah SAW dapat menjadi contoh bagi para suami agar memiliki panggilan sayang kepada istrinya. Panggilan sayang tersebut, tidak hanya diucapkan saat memanggil tapi juga saat memberi nama di kontak HP.


Sangat mengeherankan dan sedih bagi istri jika suaminya membuat nama di kontak HPnya nama yang lain bahkan nama yang seperti merahasiakan nama asli. Meskipun dengan alasan demi menjaga keamanan. Alangkah baiknya jika suami menamai kontak istrinya di HP dengan panggilan sayang sebagai tanda bukti bahwa istri adalah orang yang spesial.

4. Merespon comment/like/tag postingan istri di media sosial

Media sosial semakin banyak ragamnya. Termasuk penggunanya adalah pasangan suami istri. Ada kalanya istri yang ketika membuka akses media sosial memposting atau memberikan like atau berkomentar dengan mentag suami.

Berharap agar yang dilakukannya tersebut mendapatkan respon yang baik dari suami. Namun, seringkali suami tidak peduli dengan apa yang dilakukan istri. Bahkan tidak merespon sedikitpun atau memprotes tindakan istri karena merasa terganggu dengan apa yang dilakukan si istri.


Ketahuilah para suami, respon Anda yang acuh seperti itu akan membuat istri merasa tidak dihargai. Apalagi, media sosial dilihat banyak orang dan tidak adanya respon Anda akan membuat orang lain menduga-duga apa yang terjadi diantara Anda dan istri


5. Tidak melulu memegang HP saat bersama

Wahai para suami, sesunguhnya istri lebih membutuhkan Anda daripada HP Anda. Cobalah sisihkan HP Anda saat bersama istri Anda. Tatap matanya ketika bicara. Perhatikanlah setiap gerak geriknya dan ceritanya meskipun tidak menarik atau cerita yang sudah diulang ribuan kali. Tempatkanlah diri Anda dengan respon terbaik. Jangan alihkan wajah Anda menghadap gadget Anda. Itu akan membuat istri Anda sedih dan merasa terabaikan. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: