MasyaAllah, Inilah Amalan yang Mampu Menjadi Cahaya Dan Pembimbing Kita Di Hari Kiamat

Reportaseterkini.net - Hendaknya wanita muslimah menyadari bahwa yang petama kali akan dihisab dari amal-amalnya adalah shalat. Tirmidzi, Abu Dawud, dan Nasai Meriwayatkan dari Abu Hurairah, dari Rasulullah bahwa beliau bersabda :


“Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya baik, maka sesunguhnya ia telah beruntung dan selamat. Namun, jika shalatnya buruk, maka sesungguhnya ia telah gagal dan merugi. Jika ada suatu kekurangan pada shalat wajibnya, maka Allah berfirman (kepada para malaikat),’Perhatikanlah, apakah hambaku masih memilki amalan sunnah, sehingga dengannya kekurangan pada shalat wajibnya dapat disempurnakannya.’Kemudian seluruh amal-nya menjadi seperti ini.”

Siapa yang tidak menjaga shalat atau meninggalkannya, maka ia akan bersama sejelek-jelek makhluk pada hari kiamat. Imam Ahmad meriwayatkan dengan sanad sahahih dari Abdullah bin umar dari Nabi Bahwa beliau bersabda :

Siapa yang menjaga shalatnya, maka pada hari kiamat shalatnya akan menjadi cahaya dan pembimbing baginya. Dan, siapa tidak menjaga shalatnya, maka pada hari kiamat ia akan tidak mendapatkan cahaya pembimbing, serta ia tidak akan selamat pada hari kiamat. Kelak pada hari kiamat, ia akan bersama karun, Fir’aun, Haman, dan Ubay bin khalaf.”

Maka, ditaruh manakah akal orang-orang yang dapat berteman dengan orang-orang yang diberi nikmat oleh Allah dari kalangan para nabi, shiddqqin , syuhada, dan orang-orang shalih, dengan berteman bersama orang-orang yang dimurkai dan dikutuk oleh Allah serta Dia telah menyediakan bagi mereka neraka jahanam sebagai seburuk-buruk tempat kembali? Allah berfirman,”setiap orang bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukannya, kecuali golongan kanan, berada dalam surga, mereka saling menanyakan tentang (keadaan)orang-orang yang berdosa,’Apa yang menyebabkan kamu masuk kedalam (neraka) Saqar?’ Mereka menjawab,’Dahulu kami tidak termasuk orang-orang yang melaksanakan shalat’ ‘’(Al-Muddatsir [74] : 38-43). Allah juga berfirman,”Kemudian datanglah setelah mereka, pengganti yang mengabaikan shalat dan mengikuti keinginan mereka, maka mereka kelak akan tersesat” (Maryam [19] : 59).

Di dalam buku Ash-shalah wa Hukmu Tarikiha, hal 3, Ibnul Qayyim mengatakan,”Kaum muslimin tidak berbeda pendapat mengenai hokum meninggalkan shalat wajib dengan sengaja, yaitu termasuk dosa paling berat dan terbesar. Dosa meninggalkan shalat fhardu di sisi Allah lebih besar dari pada dosa membunuh jiwa dan merampas harta. Juga lebih besar dari pada dosa zina, mencuri, dan menenggak khamer.  Sesungguhnya meninggalkan shalat wajib itu akan mengantarkan pada hukuman, murka, dan kenistaan yang ditimpakan oleh Allah di dunia dan akhirat.”

Wahai wanita muslimah, mari kita mendekat kepada Allah dengan menunaikan shalat dari sekarang, dan saya sampaikan kepadamu kabar gembira berikut ini. Ibnu Hibban meriwayatkan dalam Shahihnya dari Abu Hurairah bahwa ia mengatakan : Rasulullah bersabda :

“Jika seorang telah menunaikan shalat lima waktunya, menjga kema.luannya, dan mematuhi suaminya, maka ia berhak, masuk surga dari pintu surga  manapun yang dikehendakinya .”
Di dalam riwayat Imam Ahmad, redaksinya adalah :

“Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktunya, berpuasa pada bulannya, menjaga kemaluannya, dan mematuhi suaminya, maka dikatakan kepadanya,’Masuklah surga dari pintu mana saja yang kamu suka’.” [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: