Jangan Lakukan Tiga Hal ini Kepada Kedua Orang Tuamu, Ini Akibatnya !

Reportaseterkini.net - Mendurhakai Kedua Orang Tua Dengan 1.Mengeraskan Suara, 2. Membentak atau 3. Menggerutu Saat Diperintah. Allah berfirman,”Maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik “ (Al-Isra’ [17] : 23). Ucapan ‘ah’ adalah kata yang subtansinya berlaku secara umum. Maksudnya, segala bentuk ucapan apapun yang tujuannya adalah ketidaksukaan, maka ucapan ini tidak diperkenankan. Ini dimaksudkan untuk menghormati dan memuliakan kedudukan kedua orang tua.


Allah berfirman,”Dan janganlah engkau membentak keduanya.” Maksud bentakkan disini adalah melarang dengan keras. Ada pun firman Allah,”Dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”Maksudnya adalah ucapan yang lemah lembut. Misalnya, wahai bapak, wahai ibu, tanpa menyebutkan nama atau julukan keduanya. Ibnu Haddaj At-Tahbibi mengatakan,”Aku pernah berkata kepada said bin musayyab,’Setiap ayat dalam Al-Quran tentang berbakti kepada kedua orang tua telah aku mengerti kecuali Firman Allah,’Dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.’Apa yang dimaksud dengan perkataan yang baik ini?’Sa’id bin Musayyabb menjawab,’Yaitu seperti perkataan seorang budak yang melakukan kesalahan kepada tuannya yang kasar dan keras’.”

Seorang muslim selayaknya benar-benar rendah hati terhadap kedua orang tuanya dalam perkataan, sikap diamnya, dan pandangannya. Ia harus mematuhi keduanya dengan sebaik-baiknya. Ini berdasarkan firman Allah,”Katakanlah (Muhammada),’Marilah aku bacakan apa yang diharamkan Rabb kepadamu. Jangan mempersekutukan-Nya dengan apapun, dan berbuat baiklah kepada kedua orang “. (Al-An’am [6] : 151).

Juga firman Allah,”Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan suatu apapun. Dan, berbuat baiklah kepada kedua orang tua “(An-Nisa’ [4] : 36). Dalam ayat ini, disamping Allah memerintahkan agar kita menyembah-Nya tanpa mendurhakai kedua-Nya, maka Allah juga memerintahkan agar kita berbakti dan berbuat baik kepada kedua orang tua, tanpa mendurhakai kedunya, ada keterkaitan antara ibadah dan berbuat baik. Sebab, ibadah tidaklah cukup bila disertai dengan penyukutuan. Pasalnya, diantara tabiat ibadah itu adalah kepatuhan dan ketaatan. Ibadah tidak sempurna kecuali dengan keduanya. Sementara, kedurhakaan adalah penentangan dan keangkuhan.

Dan ini diluar tabiat dan makna ibadah. Makna ini diperkuat dengan hadits-hadits berikut :
Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Thabrani dengan sanad hasan dari Amru bin Murrah Al-juhani bahwa ia mengatakan,”Seorang laki-laki datang kepada Nabi, lantas berkata,’Wahai Rasulullah, aku bersaksi bahwa tiadailah (yang patut diibadahi))selain Allah, dan sesungguhnya engkau adalah utusan Allah. Aku menunaikan shalat lima waktu. Aku menunaikan zakat hartaku. Dan, aku berpuasa Ramadhan.’Maka, Nabi bersabda :
“Siapa yang mati dalam kondisi seperti ini, maka ia akan bersama para nabi, shiddiqin (orang-orang yang amat teguh kepercayaannya atas kebenaran Rasul, -ed), dan orang yang mati syahid, kelak pada hari kiamat beliau mengacungkan jari beliau selama ia tidak durhaka kepada orang tuanya’.”

Rasulullah mengategorikan durhaka kepada kedua orang tua termasuk dosa besar. Bukhari meriwayatkan dari Abdullah bin Amru bin Ash, dari Nabi bahwa beliau bersabda :
“Dosa-dosa besar adalah menyekutukan Allah , durhaka kepada kedua orang tua, membunuh jiwa,dan sumpah dusta .”

Bahkan, durhaka kepada kedua orang tua termasuk dosa besar yang terbesar (akbarul kabair). Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Bakrah Nafi’bin Al-Harits secara marfu’:
“Maukah kalian aku beritahu tentang dosa-dosa besar yang terbesar (tiga kali)?’Aku menjawab,’Tentu, Wahai Rasulullah .’Maka, beliau bersabda,’Menyekutukan Allah, dan durhaka kepada kedua orang tua.’Kala itu beliau bersandar, lalu beliau duduk tegak, lantas bersabda,’Ketahuilah, dan perkataan palsu dan kesaksian palsu .’Beliau terus mengulanginya aku mengatakan,’Andai saja beliau diam’.”

Jika anda melakukan Tiga Hal ini kepada kedua Orang tua Anda. yaitu : 1.Mengeraskan Suara, 2. Membentak atau 3. Menggerutu Saat Diperintah. Berdasarkan Dalil - Dalil di atas, Maka anda telah mendurhai Kedua orang tua Anda. Naudzubillah! [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: