Inilah Tiga Ciri Wanita yang Mendapatkan Keberkahan Dari Allah

Reportaseterkini.net - Wanita adalah makhluk Alloh yang begitu unik dan indah. Baik indah dalam wujud, indah pula dalam akhlaq dan disempurnakan dengan keindahan hatinya.


Sahabat muslimah...

Sering dalam kehidupan ini kita selalu memilih yang berbarokah. Membeli barang memilih yang berbarokah. Ada yang mendapatkan tawaran menjadi sales girl menolaknya, karena alasan tidak barokah, saat ditanya karena salah satu saratnya harus membuka aurot.

Namun jarang diantara kita yang berpikir, apakah kita sudah menjadi muslimah yang diberkati Alloh apa belum ya? Atau malah belum mengetahui ciri wanita yang diberkahi Alloh?

Alhamdullilah... Rasululloh telah memberikan ilmu yang sangat berharga bagi kita sebagai muslimah yang ingin selalu dalam keadaan diberkahi Alloh. Ada beberapa kriteria yang bisa menduduki derajat ini, sabda Rasululloh SAW:

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ إِسْحَاقَ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ مُبَارَكٍ عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَة
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ مِنْ يُمْنِ الْمَرْأَةِ تَيْسِيرَ خِطْبَتِهَا وَتَيْسِيرَ صَدَاقِهَا وَتَيْسِيرَ رَحِمِهَا

Artinya:
Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Ishaq berkata; Telah menceritakan kepada kami Ibnu Mubarak dari Usamah bin Zaid dari Shafwan bin Sulaim dari Urwah dari Aisyah bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya termasuk keberkahan seorang wanita adalah mudah dipinang, mudah maharnya dan mudah rahimnya. (H.R Ahmad).

Dalam sebuah penjelasan Urwah bin zubair berkata:" Yakni rahimnya mudah melahirkan dan saya katakan bahwa awal mula keburukan wanita adalah ketika mempermahal maharnya".

Sahabat muslimah...

Rosululloh memberikan cara mudah bagi kita sebagai muslimah yang ingin selalu dalam keadaan mendapatkan berkah dari Alloh, semoga dikala memperhatikan tiga hal ini, kita selalu tersimpan kan segala kebaikan dan terhindar dari mara bahaya. Adapun tiga pintu yang menjadi keberkahan bagi muslimah yaitu :

Pertama: Mudah ketika Dilamar

Secara naluri manusiawi, bila kita sebagai wanita ditanya tentang calon suami akan memilih kesempurnaan dari segala sisi. Yang pandai, tampan, nasibnya terjaga, akhlaknya baik, bla...bla... Rasanya tidak ingin berhenti. Namun sebagai hamba Alloh kita pastilah sadar bahwa kesempurnaan hidup hanyalah akan kita dapatkan kelak bila dimasukkan kedalam surganya Alloh.
Maka sebagai pintu keberkahan pertama bagi seorang muslimah yaitu bila dipinang oleh seorang laki-laki yang secara agama dan akhlaq bagus, maka ia tidak akan banyak pertimbangan dengan mengajukan syarat yang akan memberatkan sang peminang atau bahkan dilarang menolaknya, jika ini terjadi maka akan diberi fitnah yang besar. Rasulullah SAW bersabda:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا جَاءَكُمْ مَنْ تَرْضَوْنَ دِينَهُ وَخُلُقَهُ فَأَنْكِحُوهُ إِلَّا تَفْعَلُوا تَكُنْ فِتْنَةٌ فِي الْأَرْضِ وَفَسَادٌ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَإِنْ كَانَ فِيهِ قَالَ إِذَا جَاءَكُمْ مَنْ تَرْضَوْنَ دِينَهُ وَخُلُقَهُ فَأَنْكِحُوهُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Jika seseorang datang melamar (anak perempuan dan kerabat) kalian, sedang kalian ridha pada agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia. Jika tidak kalian lakukan, niscaya akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan. Para shahabat bertanya; Meskipun dia tidak kaya. Beliau bersabda: Jika seseorang datang melamar (anak perempuan) kalian, kalian ridha pada agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia. Beliau mengatakannya tiga kali.(H.R At-Tirmidzi)

Semua diserahkan dari Alloh dengan penuh keyakinan bila segala sesuatu karena Alloh pastilah mendatangkan barokah.

Kedua: Ringan Maharnya

Setelah wali dari wanita menerima pinangan seorang laki-laki, maka pihak laki-laki akan bertanya kepada calon istri atas mahar apa yang diinginkannya. Walaupun itu bersifat bebas, namun wanita yang baik ia akan meminta mahar yang tidak memberatkan pihak laki-laki. Sebagai gambaran, Rasulullah pernah menikahkan seorang laki-laki dengan hafalan Al Qur'an sebagai maharnya, bahkan Rosululloh juga pernah menikahkan seorang laki-laki dengan cincin yang terbuat dari besi sebagai maharnya. Di dalam sebuah riwayat Rosululloh bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: خير الصداق أيسره. اخرجه ابو دَاوُدَ و صححه الحاكم

Artinya: Rasululloh bersabda:" sebaik-baik mahar adalah yang termudah". (H.R Abu Dawud dishohihkan oleh Hakim).

Sahabat Muslimah....

Hadis di atas sebagai penguat bahwa seorang wanita hendaknya tidak mempersulit mahar yang dimintanya, namun juga bukan berarti yang baik itu mesti bernilai kecil, tetapi semua tergantung pada keadaan seorang laki-laki yang meminangnya, karena Rasululloh sendiri memberikan mahar kepada para istrinya dengan mahar yang tidak sedikit yaitu dua belas uqiyah dan nasy (satu nasy: setengah uqiyah atau 500 dirham).

Mudah maharnya bukan berarti murahan dan mahal maharnya bukan berarti memberatkan.

Ketiga: Mudah Rahimnya

Rahim adalah suatu yang hanya dimiliki oleh wanita, karena dengan rahim itulah wanita bisa mengandung dan melahirkan anak sebagai fitrah wanita. Bisa melahirkan anak atau tidak, semua Alloh yang mengaturnya. Namun dari keberkahan seorang wanita adalah bila seorang wanita dikaruniai oleh Alloh kemampuan mengandung dan melahirkan.

Siapa yang tidak ingin keluarganya menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah? Dan makna sakinah adalah menikah atau ijab qobul, mawadah bermakna hubungan suami istri dan rahmah berarti dikaruniai anak. Inilah kesempurnaan rumah tangga. Ada suami, ada istri-istri dan mendapatkan amanah anak.

Namun sangatlah aneh saat ini, tidak sedikit wanita yang enggan untuk melahirkan, membatasi kelahiran anak atau bahkan menghilangkan kemampuan melahirkan dengan mengikuti program-program orang kafir. padahal di balik kelahiran Anak ada berkah yang bisa diraihnya menuju kemulian dunia maupun akhirat yang telah dijanjikan Alloh.

Sahabat muslimah...

Inilah tiga ciri wanita yang mendapatkan keberkahan dari Alloh. Semoga kita bisa meraihnya hingga kita mencapai derajat wanita sholihah dan barokah yang akan membawa kita kepada kemuliaan di dunia maupun di akhirat kelak. Aamiin.

Sumber : voa-islam.com

Subscribe to receive free email updates: