Inilah 6 Etika yang Harus Di Perhatikan Saat Berdoa, Nomor 2 Sering Di Abaikan

Reportaseterkini.net - Berdoa adalah perkara yang mudah namun membutuhkan etika yang benar, karena berdoa merupakan hubungan antara manusia dengan Tuhan pengertian ini harus dipahami oleh seorang istri. Etika-etika dalam berdoa diantaranya adalah:


1. Memuji Allah. Sebagai makhluk ciptaan-Nya, manusia hendaknya memuji Allah Swt., terutama dalam berdoa. Kalimat pujian bisa berupa bacaan tahmid, takbir, tasbih, membaca asmaul husna atau doa apa saja yang isinya memuji kebesaran dan kemulian Allah.
2. Bertaubat terlebih dahulu. Bertaubat ialah bentuk ketundukkan kepada Allah Swt. Meskipun kita tidak berbuat kesalahan. Bertaubat itu artinya kita mengakui bahwa kita tidak pernah lepas dari kesalahan dan kezaliman. Anjuran ini berdasarkan ayat dalam Al-Qur’an tentang doa Nabi Yunus As.,sesungguhnya tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berbuat zalim.”(QS. Al-Anbiya’[21]:90)
3. Merendahkan diri. Rendahkan diri Anda ketika berdoa. Padukan hati, akal, dan sikap agar doa kita bisa khusyuk. Kerendahan diri bisa kita gambarkan ketika kita memelas meminta sesuatu dengan sangat. Allah Swt. Berfirman, “Dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami.”(QS.Al-Anbiya[21]:90)
4. Mencari waktu mustajab. Alangkah baiknya Anda mengetahui waktu-waktu yang mustajab untuk melakukan doa supaya doa Anda cepat terkabul
5. Mengangkat tangan ketika berdoa. Rasulullah Saw. Bersabda,”Sesungguhnya Tuhanmu yang Maha Suci dan Maha Tinggi bersifat malu dan mulia. Dia malu  jika hamba-Nya mengangkat tangan saat berdoa lalu menolaknya dengan tangan hampa dan kecewa.”(HR. Abu Dawud)
6. Berwudhu sebelum berdoa. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist, salah seorang sahabat bercerita bahwa setelah selesai perang Hunain, Nabi Saw. Meminta air untuk berwudhu, kemudian mengangkat kedua tangannya (untuk berdoa) hingga ketiak beliau terlihat.(Muttafaq ‘alaih) [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: