Inilah 10 Sifat Suami yang Membahagiakan Istri

Reportaseterkini.net - 1. MENDENGARKAN APA YANG ISTRI BICARAKAN
Wanita membicarakan kesulitan-kesulitannya dan berbagi perasaanya untuk membuatnya lebih lega saat demikian terkadang bukan nasihat yang ia perlukan. Ia berharap ditanya bagaimana kabar harinya, perasaannya, dan sebagainya. Hal ini memenuhi kebutuhan emosionalnya untuk didengar,diperhatikan, dan dipedulikan. Peran suami dalam mendengarkan sangatlah penting dan berarti bagi istri. Dengan didengarkan, istri jadi merasa di cintai dan terjaga kestabilan emosinya.


2. MENUNJUKKAN  KEPEDULIAN  DAN  PERHATIAN  TERHADAP  KONDISI  ISTRI
Suami perlu menunjukkan perhatian dan kepedulian terhadap kondisi istri. Misalnya menanyakan apakah istri sudah makan atau belum. Merawat istri ketika sedang sakit, menemani ketika berobat, memeriksakan kandungan, dan ketika melahirkan. Ketika sedang terpisah jauh, suami senantiasa menanyakan kabar istri. Suami perlu menunjukkan bahwa ia senantiasa ingat, peduli dan menjaga komunikasi dengan istri.
Kepedulian juga di tunjukkan dengan membantu pekerjaan rumah dan merawat anak. Pekerjaan rumah seakan sebuah pekerjaan yang tiada habisnya untuk diselesaikan. Apalagi ketika memiliki bayi, jangankan pekerjaan rumah, seringkali istri tidak memiliki waktu untuk mengurus diri sendiri.
Ketika dibantu, istri jadi merasa dipedulikan dan disayangi. Hal ini menjadi energi bagi sang istri untuk bisa mencurahkan tenaga dan kasih sayangnya pada sang bayi, mengurangi baby blues syndrome, dan melancarkan produksi Asi.

3. BERSUNGGUH-SUNGGUH MENAFKAHI DAN MENSEJAHTERAKAN KELUARGA
Suami menunjukkan kesungguhannya untuk mensejahterakan dan memenuhi kebutuhan istri. Istri bisa mentolerir besarnya pendapatan suami, bahkan mungkin akan turut membantunya. Yang ia harapkan ialah kesungguhan suami dalam menafkahi dan mensejahterakannya. Nafkah ini tak hanya nafkah lahir, namun juga nafkah batin. Misalnya, istri ingin sekali bisa jalan-jalan bersama, bisa jadi jalan-jalan ialah salah satu kebutuhan batin istri. Ketika suami bersungguh-sungguh, istri jadi merasa di pedulikan dan disayangi.

4. MEMELUK DAN SENTUHAN SAYANG LAINNYA
Wanita makhluk lembut yang senang dengan sentuhan kasih sayang. Saat ia sedih, pelukan akan membantu menentramkannya. Sentuhan kemesraan dari suami membuat istri merasa dicintai. Istri akan merasa nyaman dan damai saat dipeluk suami.

5. SELALU PEDULI DENGAN KEBUTUHAN ISTRI

Salah satu hal yang sangat membuat istri sedih ialah ketika suami selalu lupa akan kebutuhannya atau permintaannya. Ketika istri sedang kesulitan atau kelelahan dan suami tidak peka untuk membantu istri, maka istri akan merasa tidak dipedulikan dan tidak dicintai. Ketika kebutuhan istri tidak dimasukkan dalam daftar prioritas, atau bahkan tidak di masukkan dalam agenda hal yang akan suami penuhi, rasanya sangat menyakitkan hati. Istri jadi merasa harus mengemis dukungan suami. Hal ini membuat istri merasa tidak dipedulikan, tidak dianggap penting, tidak dihormati, dan tidak merasa dicintai.

Ketika suami peduli dengan kebutuhan dan permintaan istri, memenuhinya untuk membahagiakan istri, maka istri pun jadi merasa dicintai. Apalagi bila suami berinisiatif langsung membantu atau menawarkan bantuan. Istri pun jadi merasa kagum dengan sang suami.
Sebaliknya bila suami tampak tidak peduli untuk memenuhi permintaan istri, bisa jadi ada yang perlu dievaluasi dari cara istri meminta pada suami.

6. MENJADI IMAM YANG BAIK

Wanita menginginkan pria yang membimbing dan menjadi imam yang baik bagi keluarganya. Bukan berarti yang tingkat pemahaman dan ibadahnya jauh diatasnya, karena terkadang tingkat pemahaman dan ibadah yang terlalu berbeda jauh berpotensi untuk menimbulkan beban dan kekecewaan. Kondisi yang sekufu (setara) lebih nyaman dan bisa saling menerima.
Saat suami memberi teladan yang baik dalam ibadah dan ketaatan pada Allah. Saat ia bijak dan memiliki filosofi atau prinsip hidup yang baik. Saat suami mengingatkan istri pada kebaikan. Saat itu, istri akan merasa bahagia dan semakin kagum pada suaminya.

7. MEMBERI HADIAH

Hadiah ini bukan berarti harus yang mewah. Hal yang berkesan dan membuat bahagia istri dari hadiah ialah istri merasa diingat oleh suaminya dan usaha suami dalam membahagiakannya. Suami membawa makanan ketika pulang pun bisa membuat istri merasa suami perhatian dan ingat akan dirinya. Suami mengingat tanggal milad istri, kemudian mengucapkan selamat sambil memberi bingkisan cinta untuknya akan membuat istri merasa paling bahagia didunia. Betapa suaminya sangat perhatian dan cinta kepadanya.

8. MEMPERLIHATKAN WAJAH YANG MENYENANGKAN DAN GEMBIRA TATKALA BERTEMU DENGAN ISTRI

Bisa dilakukan ketika pulang dari kerja lalu masuk rumah dan mengucapkan salam sambil menebar senyuman kepada sang istri tercinta. Senyuman indah ini akan membuat istri bahagia dan rindu. Selain berpahala, senyuman juga merekatkan ikatan cinta keduanya.
Bukan hanya saat dirumah, ketika bertemu istri di jalan pun juga suami bersikap menyenangkan, menebar senyuman dan berwajah gembira kepada istri.

9. MEMBERIKAN NAFKAH YANG HALAL KEPADA ISTRI

Memberikan nafkah bagi seorang suami adalah merupakan salah satu dari kewajiban suami terhadap istri. Bisa dikatakan hal ini adalah bentuk dukungan keuangan suami terhadap kehidupan dan kelangsungan sebuah rumah tangga yang sedang dijalin bersama. Dan ini juga tips membahagiakan istri yang tidak boleh kita lupakan juga.
Nafkah yang halal akan menjadi berkah dalam rumah tangga. Istri makin shalihah, mudah dibimbing, anak-anak mudah di arahkan, menyenangkan ayah ibunya. Nafkah yang haram akan membuat keluarga tersebut menjadi berantakan tak karuan. Rahmat Allah swt  tidak turun dalam keluarga tersebut. Suami yang menafkahi keluarganya dengan harta yang halal akan membuat istri semakin bahagia.

10. MEMBERIKAN PERHATIAN KEPADA ISTRI
Seorang suami muslim harus sangat perhatian dan penuh peraasa n terhadap istrinya. Istri pasti mengalami dan melewati macam-macam perubahan baik secara fisik dan psikologis. Pada saat-saat seperti itu, contohnya pada saat tanda akan melahirkan akan segera datang ketika sang istri sedang hamil tua. Istri sangat memerlukan suatu perlakuan yang mesra dan penuh perhatian agar sang istri bisa menghapus kesusahan dan kesedihan yang sedang dialaminya, serta menenangkan perasaannya yang mudah tersentuh. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...