Ini Doa Yang Perlu Kita Panjatkan Agar Kita Bisa Menjadi Orang Yang Bersyukur

Reportaseterkini.net - Untuk membangun rasa syukur itu, menurut Imam Ghazali, harus ada tiga elemen. Elemen pertama adalah Ilmu, elemen kedua adalah perasaan, dan elemen ketiga adalah amal.
1. Ilmu. Untuk mengetahui seseorang itu benar-benar bersyukur, hal pertama yang perlu ada adalah ilmu, Hakikat tentang nikmat itu perlu diketahui. Ilmu tentang nikmat ini akan memampukan seseorang untuk memahami nilai nikmat tersebut dan selanjutnya menghargai nikmat itu.


2. Perasaan. Bila menerima suatu nikmat, seseorang haruslah mempunyai perasaan gembira dan bahagia. Bagaimana mungkin seseorang itu hendak bersyukur seandainya tidak mengalami rasa apa-apa apabila menerima nikmat tersebut.?
3. Amal. Setelah seseorang mempunyai ilmu dan perasaan behagia, rasa syukur tersebut perlu diwujudkan melalui perbuatan. Dalam hal ini, seseorang perlu menggunakan nikmat yang telah diperolehnya untuk mendekatkan diri pada Allah Swt.

Untuk membangun ketiga elemen ini, seseorang harus terus berdoa agar dirinya bisa menjadi orang yang bersyukur. Doanya adalah :

Rabbi awzi’niy an asykura ni’matakallatiy an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala shaalihah tardhaahu wa adkhilniy birahmatika fiy ibadikash shaalihiin.”

“Wahai Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah engkau anugrahkan kepadaku dan kepada dua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai, dan masukanlah aku dengan rahmat-Mu kedalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”(QS. An-Naml [27] : 19).

Nabi Muhammad Saw. Mengajarkan kepada Mu’adz bin Jabal. Beliau bersabda,”Wahai Mu’adz, sesungguhnya aku mencintaimu, maka janganlah engkau tinggalkan doa pada setiap akhir shalat dengan membaca: Allahumma ai’innii ‘alaa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatik
(Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah dengan baik kepada-Mu).”  [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: