Dalam Islam, Ini Hukumnya Memasang Gambar Makhluk Bernyawa Di Dinding Atau Pakaian

Reportaseterkini.net - Memasang Gambar Mahluk Bernyawa di Dinding atau Pakaian. Banyak hadits dari Rasulullah yang melarang kita memasang gambar-gambar mahluk bernyawa, baik di dinding, pakaian, dan yang lainnya. Diantara hadits-hadits tersebut adalah :


Pertama, Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Aisyah bahwa ia mengatakan,” Rasulullah pernah menemuiku saat didalam rumah masih ada kain penutup yang bergambar (makhluk bernyawa). Maka, raut muka beliau tampak berubah, kemudian beliau meraih kain penutup itu, lantas mengoyaknya dan bersabda :

“Di antara manusia yang paling keras adzabnya pada hari kiamat adalah orang-orang yang membuat gambar-gambar ini .”

Kedua, Bukhari dan Muslim juga meriwayatkan dari Aisyah, bahwasanya ia pernah membeli bantal yang pada sarungnya terdapat gambar (mhkhluk hidup). Saat melihatnya, Rasulullah tetap berdiri di pintu dan tidak mau masuk rumah. Dari raut muka beliau, aku mengetahui bahwa beliau tidak suka, Aku pun bertanya,”Wahai Rasulullah, aku bertaubat kepada Allah dan Rasul-Nya. Namun, apa gerangan kesalahan yang telah aku perbuat ?” Rasulullah bertanya,”Mengapa ada bantal ini?” AKu membelinya untuk engkau agar dapat digunakan sebagai alas dan sandaran.” Maka Rasulullah bersabda :

“Sesungguhnya orang-orang yang membuat gambar-gambar ini akan disiksa pada hari kiamat, lantas dikatakan kepada mereka,’Hidupkanlah apa yang kamu ciptakan’.”Beliau juga bersabda,”Sesungguhnya rumah yang didalamnya terdapat gambar-gambar (makhluk bernyawa) tidak akan dimasuki oleh para malaikat.”

Ketiga, dalam riwayat Bukhari dengan lafazh lain dari Aisyah, ia mengatakan,”Rasulullah pernah menemuiku saat telah shawahku dengan kain miliku yang ada gambar-gambar patungnya dalam riwayat lain lain, dinyatakan bergambar kuda yang memilki sayap-sayap. Ketika melihatnya, beliau segera merobeknya dan raut wajah beliau berubah. Beliau bersabda :
“Wahai Aisyah, manusia yang paling keras adzabnya menurut ketentuan Allah pada hari kiamat adalah orang-orang yang meniru citaan Allah.”

Dalam riwayat:
“Sesungguhnya orang-orang yang membuat gambar-gambar ini akan disiksa dan dikatakan kepada mereka,’Hidupkanlah apa yang kalian ciptakan.”Kemudian beliau bersabda,”Sesungguhnya rumah yang didalamnya ada gambar-gambar (mahluk bernyawa) tidak akan dimasuki oleh para malaikat.” [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: