Allahhu Akbar!! Inilah 8 Waktu Terbaik Dan Mustajab Untuk Berdoa

Reportaseterkini.net - Di antara usaha yang bisa kita upayakan agar doa kita dikabulkan oleh Allah Swt. Adalah memanfaatkan waktu-waktu tertentu yang mustajab. Allah menjanjikan bahwa doa ketika waktu-waktu tersebut akan dikabulkan. Di antara waktu-waktu itu ialah:


1. Ketika sahur atau sepertiga malam terakhir
Allah mencintai hamba-Nya yang berdoa di sepertiga malam yang terakhir. Allah berfirman tentang cirri-ciri orang yang bertakwa, salah satunya,”Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan.”(QS.Adz-Dzakariyat[51]: 18)

Sepertiga malam yang paling terakhir ialah waktu yang penuh berkah, sebab pada saat itu Allah mengabulkan setiap doa hamba-Nya. Rasulullah bersabda ,”Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian Allah berfirman,”Orang yang berdoa kepada-ku akan aku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Kuakan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni.”’ (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Ketika berbuka puasa 
Waktu berbuka puasa pun merupakan waktu yang penuh keberkahan , karena di waktu itu manusia merasakan salah satu kebahagian ibadah puasa, yaitu diperbolehkannya makan dan minum setelah seharian menahan lapar dan dahaga, sebagaimana hadits:
“Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagian: Kebahagian ketika berbuka puasa dan kebahagian ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak.”(HR.Muslim).

3. Ketika lailatul qadar 
Lailatul qadar adalah malam diturunkannya Al-Qur’an. Malam ini lebih utama dari 1000 bulan, sebagaimana firman Allah Swt.”Lailatul qadar lebih baik dari 100 bulan.” (QS. Al-Qadr[97]:3)

4. Ketika Adzan berkumandang 
Selain dianjurkan untuk menjawa adzan dengan lafadz yang sama, pada saat adzan dikumandangkan juga termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa. Rasulullah bersabda,”Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan, yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika dua kubu saling menyerang.” (HR. Abu Dawud).

5. Di antara adzan dan iqamah
Waktu jeda antara adzan dan iqamah juga termasuk waktu yang dianjurkan untuk berdoa, berdasarkan sabda Rasulullah,”Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (HR.Tirmidzi)

6. Ketika sedang sujud dalam shalat
Rasulullah bersabda,”Seorang hamba berada paling dengan Rabb-nya saat ia sedang bersujud. Maka, perbanyaklah berdoa pada waktu itu.”(HR.Muslim)

7. Pada hari jumat
Rasulullah Saw. Bersabda,”Dalam hari jumat terdapat waktu yang jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti apa yang ia minta akan diberikan.”Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut. (HR.Bukhari dan Muslim)

8. Ketika Hari Arafah 
Hari Arafah hari ketika para jemaah haji melakukan wukuf di Arafah, yaitu tanggal 9 Dzulhijjah. Pada hari tersebut dianjurkan memperbanyak doa, baik bagi jamaah haji maupun seluruh kaum muslimin yang tidak sedang menunaikan ibadah haji. Sebab, Rasulullah Saw. Bersabda,”Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah.”(HR. Tirmidzi) [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: