Begini Seharusnya Sikap Suami Saat Istri Membangkang

Reportaseterkini.net - Masalah rumah tangga adalah sesustu yang lumrah dalam perkawinan. Yang salah adalah dengan menunda-nunda shalat, membangkang, menonton film yang dilarang di televisi atau bioskop dan lain-lain. Tetapi bila istri anda menyesali perbuatannya dan menunjukkan i’tikad baiknya, maafkanlah kesalahannya. Respon yang berlebihan dan membesar-besarkan masalah, kadang membuat ikatan pernikahan menjadi retak. Dalam menghadapi masalah, kadang suami harus menunjukkan kemarahan kepada istri, misalnya apabila sang istri sudah keluar dari ketaatan kepada Allah.


Cara terbaik untuk menasihatinya adalah dengan menasihatinya secara bersendirian ( jangan didepan anak-anak anda atau orang lain, guna menjaga perasaannya ), baik secara tersirat maupun tersurat. Dan lakukanlah upaya ini berulang kali jangan hanya sekali saja.

Bila istri anda belum jera juga, punggungi dia ditempat tidur ( untuk menunjukkan perasaan anda), dengan catatan anda tak perlu pindah dari ranjang tempat anda biasa tidur bersama ke ranjang lainnya, atau meninggalkan rumah anda dan pindah kerumah lainnya ataupun tidak bicara sama sekali dengan istri anda. Tidak perlu demikian, cukup dengan membelakanginya ditempat tidur, istri anda sudah merasa, bahwa dia sedang ditegur.

Solusi terakhir adalah “ memukulnya dengan ringan “ (hal ini juga di perbolehkan). Adalah merupakan sunnah untuk menjauhi langkah menghukum istri dengan memukulnya, karena Nabi Muhammad tidak pernah memukul wanita (istri-istrinya) atau budak-budaknya.

Anda baru di perbolehkan melakukannya apabila istri anda sudah keterlaluan dalam ketidaktaatannya, misalnya sering menolak berhubungan seksual tanpa alasan yang diperbolehkan, shalat tidak pada waktunya secara terus menerus, meninggalkan rumah tanpa seijin anda, atau menolak untuk mengatakan apa yang di alaminya ketika dia meninggalkan rumah dan lain-lain.

Langkah diatas tidak boleh dilakukan, kecuali setelah memunggungi istri anda di tempat tidur dan setelah membicarakan masalah ini dengannya sebagaimana Al-Qur’an menuntun kita. Anda tak boleh memukul istri anda sampai melukainya atau memukul bagian badan yang sensitif seperti wajah atau kepala. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: