Astaghfirullah!! Inilah 3 Dosa Besar Yang Bisa Jadi Sering Kita Lakukan Tanpa Sadar

Reportaseterkini.net - Sebagai seorang muslim kita harus senantiasa menjauhi hal-hal yg telah dilarang Allah dan Rasul_Nya, menjauhi akhlaq-akhlaq yg tercela dan hal-hal yg bisa menimbulkan fitnah. Pada kali ini kami akan mengupas sedikit tentang beberapa dosa yg mungkin sering dilakukan orang tanpa sadar,atau mungkin sebenarnya tau akan dosanya tapi terkadang menyepelekannya,meski sebenarnya perbuatan-perbuatan tersebut termasuk dalam kategori dosa besar.


3 Dosa Besar Yg Sering Dilakukan Orang Tanpa Sadar

1. Riya' (Pamer)
Salah satu dosa besar yg seringkali dilakukan orang tanpa sadar yaitu riya', Orang yg berbuat riya' termasuk orang-orang yg merugi dan celaka seperti yg telah disebutkan dalam firman Allah surat Al-Ma'un 4-6 yg artinya : " Berikut kecelakaan buat orang yg shalat (yaitu) orang-orang yg lalai dari shalatnya, orang-orang yg berbuat riya' ".

Riya' mempunyai arti yaitu pamer, sedangkan menurut pengertian istilahnya adalah melakukan suatu amalan ibadah dengan niat agar supaya dilihat oleh orang lain dan dipuji-puji kalau dia seorang dermawan,ciri-ciri orang yg berbuat riya' biasanya sering menyebut-nyebut pemberiannya kepada orang lain.

Orang yg melakukan suatu amalan ibadah,seperti contohnya shalat,tadarus al qur'an atau ibadah lainnya tetapi dengan tujuan supaya mendapatkan pujian kalau dirinya orang yg ahli beribadah berikut orang tersebut termasuk kategori orang yg berbuat riya'.

2. Menyakiti tetangga

Salah satu orang terdekat kita yaitu tetangga.Islam paling menganjurkan kita untuk selalu berbuat baik kepada orang lain termasuk tertangga.Oleh karena itu kita harus selalu bisa menjaga perilaku kita terhadap tetangga,jangan sampai kita menyakitinya.

Mungkin tanpa kita sadari kita pernah menyakiti tetangga,tapi mulai sekarang kita harus bisa merubah sifat tersebut dengan suatu pergaulan yg baik,dikarenakan tetangga adalah termasuk orang terdekat kita yg bisa diajak saling tolong-menolong.

Menyakiti tetangga adalah termasuk dari dosa besar, dikarenakan Nabi Muhammad sendiri juga pernah bersabda,''Bukan akan masuk syurga seseorang yg tetangganya tidak merasaterasa aman dari kejahatannya''.Nabi sendiri juga selalu memerintahkan kepada umatnya agar selalu berbuat baik kepada tetangga dengan pergaulan yg baik.

3. Riba
Diantara dosa besar lagi yaitu riba, riba menurut bahasa artinya tambahan, sedangkan menurut istilahnya riba adalah penambahan harta atau suku bunga dalam transaksi tukar menukar barang secara batil.Hukum riba adalah haram dan termasuk salah satu dosa besar seperti yg telah dijelaskan Al qur'an dalam surat Al Baqoroh ayat 275 : "... Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba''.

Riba bisa berarti melebihkan jumlah pengembalian dari pinjaman dengan ditentukan ketika akad pinjam-meminjam uang,istilahnya yaitu pinjam-meminjam uang dengan sistim bunga yg biasanya dengan persntase tertentu cocok dengan pinjaman pokoknya.

Pada masa sekarang ini banyak sekali jenis riba yg bisa kita jumpai,diantaranya yaitu :

1. Transaksi jual beli secara kredit

2. Transaksi perbankan

3. Transaksi asuransi

Banyak orang yg sudah mengetahui tentang mekanisme riba dan hukumnya,tetapi biasanya dari mereka yg masih berkecimpung dengan riba selalu beralasan dikarenakan keadaan, dikarenakan terdesak dan lain sebagainya, jadi seolah-olah mereka menyepelekan tentang bahaya riba.
[reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: