Agar Doa Cepat Di Kabulkan, Inilah Syarat-syarat dalam Berdoa yang Perlu Kamu ketahui

Reportaseterkini.net - Syarat-syarat dalam berdoa. Agar doa dikabulkan, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi. Syarat syarat tersebut bisa di praktikkan para istri demi kebahagiaan keluarganya.


1. Berusaha seoptimal mungkin
Doa tidak akan di kabulkan  jika kita tidak mengiringinya dengan usaha optimal. Bagi yang berdoa meminta rezeki, Allah tidak akan pernah menurunkan uang dari langit. Bekerja dan berusaha adalah sebuah keniscayaan. Bahkan, ketika hendak dihancurkan oleh orang-orang kafir, kaum muslimin tidak akan mungkin mendapatkan keselamatan dan kemenangan jika mereka hanya berdoa tanpa maju ke tengah medan perang.

Tidakkah kita ingat, bagaimana kaum muslimin ditolong oleh Allah pada perang badar? Ketika kaum muslimin  hanya 300 orang, kaum muslimin tetap memutuskan menghadapi mereka sesuai dengan perintah Allah Swt. Baru sesudah mereka berhadap-hadapan dengan pasukan musuh, mereka berdoa, menengadahkan tangan ke langit, meminta pertolongan kepada Allah:

“(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu.”Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.” (QS. Al-Anfal [8]:9)

2. Menyambung hubungan yang baik dengan Allah 
Jika kita ingin didengar oleh Allah, maka kita harus memiliki hubungan yang baik dengan Allah. Namun kenyataannya, kebanyakan manusia telah memutus hubung an dengan Allah karena kemaksiatan yang dilakukannya, dan berpalingnya manusia dari syariat dan hokum Allah. Kita melanggar larangan-larangan Allah. Kita lalai dari perintah-perintah dan kewajiban-kewajiban yang telah Allah tetapkan. Kita telah meninggalkan amar makruf dan nahi mungkar.

Rasulullah Saw.  Bersabda,”Sungguh kalian akan terus menyeru kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar. Atau (jika tidak), maka Allah akan menjadikan orang-orang yang paling buruk di antara kalian menguasai dan memimpin kalian, sehingga ketika itu orang-orang yang paling baik di antara kalian berdoa, tetapi doanya tidak dikabulkan.”(HR.AL-Bazzar dan Ath-Thabrani)

3. Ikhlas dan Tulus 
Maksudnya adalah mengikhlaskan hati kita setulus-tulusnya hanya untuk Allah. Membersihkan hati kita dari selain Allah, dari penghambaan kepada nafsu, syawat, dan dunia beserta segala yang ada didalamnya.

Keikhlasan merupakan salah satu kunci agar doa kita dikabulkan Allah. Bahka, meski orang-orang musyirik, jika mereka berdoa dengan penuh keikhlasan, maka Allah pun tidak akan segan-segan mengabulkan doa mereka. Sebagaimana yang Allah kisahkan dalam surat yunus:

“Dialah Tuhan yang menjadikan kamu dapat berjalan di daratan,(berlayar ) di lautan, sehingga apabila kamu berada didalam bahtera, dan meluncurlah bahtera itu membawa orang-orang yang ada di dalamnya dengan tiupan angin yang baik, dan mereka bergembira karenanya, datanglah angin badai, dan (apabila) gelombang dari segenap penjuru menimpanya, dan mereka yakin bahwamereka telah terkepung (bahaya), maka mereka berdoa kepada Allah dengan mengikhlaskan ketaatan kepada-Nya semata-mata. (Mereka berkata),’Sesungguhnya jika Engkau menyelamatkan kami dari bahaya ini, pastilah kami akan termasuk orang-orang yang bersyukur.”(QS. Yunus [10]: 22)

4. Menghindari segala yang haram 
Banyak hal yang menyebabkan permohonan dan permintaan tidak dikabulkan. Sudahkah kita menghindarkan perut kita dari makanan dan minuman yang di haramkan Allah? Bila perut kita kita masih saja terisi dengan hal-hal yang haram, tentulah doa yang kita panjatkan tak pernah Allah Kabulkan.

Sesuap makanan saja, dapat mengakibatkan doa kita selama 40 hari tidak akan terkabul. Bila makanan haram masuk ke perut kita lebih dari sesuap bahkan berkali-kali yang masuk ke perut lagi, sudah tentu sampai mati pun kita berdoa, Allah tak akan mengabulkan. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: