7 Kiat yang Bisa Di Lakukan Agar Hubungan Pernikahan Senantiasa Harmonis

Reportaseterkini.net - 7 Kiat yang Bisa Di Lakukan Agar Hubungan Pernikahan Senantiasa Harmonis


1. LUANGKAN WAKTU UNTUK MELAKUKAN LIBURAN ROMANTIS
Meskipun liburan romantis bukanlah solusi jangka panjang untuk mengatasi masalah dalam urusan percintaan, namun melakukan liburan singkat adalah cara yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama istri dalam kondisi yang segar. Anda berdua bisa lebih belajar menghargai hubungan.

Tentukan tujuan untuk pergi berlibur bersama ke suatu tempat yang eksotis dan indah setidaknya satu kali setahun, jika keuangan mencukupi. Pesanlah paket perjalanan sebelumnya, jadi ketika saatnya tiba, anda tidak bisa berkata sedang sibuk untuk mencari alasan.

Usahakan untuk pergi ke tempat yang baru setiap waktu. Cara ini tak hanya akan membuat hubungan percintaan anda menjadi lebih segar, namun juga akan memperkuat ikatan ketika anda berdua mengeksplorasi dunia bersama-sama.

Jika anggaran anda terbatas atau sulit mencari pengasuh anak, sesekali rencanakan untuk pergi keluar di akhir pekan bersama istri, meskipun hanya berkendara selama satu jam atau menginap di hotel di kota terdekat.

2. PELIHARALAH ATMOSFIR ROMANTIS DI RUMAH
 Anda masih dapat menciptakan ruang untuk urusan percintaan meskipun hanya duduk-duduk di sekitar rumah. Meskipun rasanya tidak mungkin untuk menciptakan atmosfir romantis ketika rumah dipenuhi piring kotor dan mainan, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat waktu dirumah menjadi lebih romantis. Berikan bunga mawar atau bunga lain untuk istri seminggu sekali. Susun bunga dalam bentuk buket dan letakkan dimeja ruang makan.

Jika anda berdua hanya punya waktu untuk makan malam biasa atau menonton tv, matikan lampu dan nyalakan beberapa lilin. Jika anda terlibat dalam percakapan yang tenang, setel musik jazz atau musik romantis.

Peliharalah rumah sebersih mungkin sehingga anda merasa lebih tenang dan bahagia di lingkungan rumah. Jadikan ruang tidur sebagai tempat yang aman untuk bercinta. Tak peduli seberapa berantakan rumah anda, namun anda harus memelihara agar ruang tidur selalu bersih, rapih, dan segar. Jangan gunakan ruang tidur sebagai kantor atau tempat untuk menumpuk baju kotor.

3. LEBIH ROMANTIS
Hal yang paling umum yang mampu membuat setiap wanita luluh dan semakin mencintai pria adalah memiliki pria yang romantis. Banyak pria setelah menikah tidak lagi romantis seperti saat masih pacaran dahulu karena berfikir bahwa misinya untuk mendapatkan hati istri telah usai, sehingga tidak perlu lagi ada rayuan atau hal-hal romantis lainnya. Nah, jika anda salah satunya, anda perlu kembali romantis sesekali.

Berikan istri kejutan-kejutan kecil, misalnya membawakan seikat bunga mawar atau mengajaknya pergi makan malam romantis di sebuah restoran. Kejutan-kejutan seperti ini juga mampu menjaga hubungan pernikahan anda agar senantiasa harmonis.

4. BERSIKAP JUJUR DAN TERBUKA
Komunikasi yang jujur adalah kunci dari hubungan yang panjang dan stabil. Jika anda ingin membuat istri anda bahagia, maka anda harus selalu berbagi perasaan dan senang mendengarkan apa yang ia katakan. Anda harus merasa nyaman berbagi perasaan dengan istri dan terbuka dengan pendapat-pendapat anda, meskipun anda memiliki waktu yang sulit untuk mengutarakannya.

Jika ada sesuatu yang anda pikirkan, katakanlah. Jangan menghadapi situasi yang sulit sendirian. Jika anda marah dengan sesuatu yang dilakukan oleh istri, tujukkanlah. Lebih baik mengutarakan perasaan anda daripada bersikap pasif dan agresif.

Jika istri menanyakan pendapat yang jujur pada anda tentang pakaian atau potongan rambut baru, jangan bersikap bodoh dan berkata ia tampak lebih cantik. Katakan saja ia terlihat cantik apa pun keadaannya. Ia hanya ingin anda menegaskan pendapatnya sendiri bahwa ia memang terlihat cantik.

Atur awaktu yang tepat untuk menunjukkan kejujuran anda. Jika ada sesuatu yang penting untuk disampaikan pada istri, utarakan saat istri sedang tidak stress dan ia bisa memberikan waktu dan energinya untuk anda. Kenalilah saat paling tepat untuk diam. Anda mungkin khawatir dengan godaan dari teman wanita di kantor. Namun, anda harus bisa mengatasinya sendiri, daripada membuat istri marah jika anda menceritakan peristiwa itu.

5. BERKOMPROMILAH DENGANNYA
Berkompromi adalah bagian penting dari komunikasi yang kuat. Anda harus mampu berkompromi sekaligus membuat keputusan daripada selalu memperhatikan diri sendiri. Anda harus terus berusaha agar mampu mendiskusikan keputusan penting dan menemukan resolusi yang akan membuat anda berdua bahagia.

Luangkan waktu untuk mendengar. Anda dan istri harus saling mengutarakan mengapa pendapat masing-masing begitu penting dan apa artinya pendapat tersebut untuk membuat keputusan.
Bersikap bijaksana. Anda dapat membuat daftar kelebihan dan kekurangan ketika membuat keputusan bersama. Lakukan kompromi secara bergantian. Kadang-kadang sebuah keputusan hanya akan membuat bahagia satu orang saja (seperti memilih hidup disatu kota dibanding kota lain), namun ketika suatu saat keputusan besar harus diambil, pastikan pihak lain mendapat gilirannya.

Pastikan anda berdua saling berkompromi. Jangan membuat istri merasa bersalah dengan selalu mengerjakan apa yang anda inginkan karena anda akan marah jika tidak dituruti.

6. BELAJARLAH UNTUK MEMBERI DAN MENERIMA MAAF
Jika anda benar-benar ingin membuat istri bahagia, maka anda harus tahu bahwa menjadi bahagia jauh lebih penting daripada merasa benar. Anda perlu menyingkirkan rasa gengsi dan berinisiatif meminta maaf jika anda telah membuat kesalahan dan bersikap yang sama untuk menerima permintaan maaf istri jika berbuat salah.

Ketika anda meminta maaf, lakukan dengan tulus. Jagalah kontak mata dan biarkan istri tahu bahwa anda sangat menyesal. Ia tidak akan menerima maaf anda jika anda terlihat melakukannya karena tidak punya pilihan lain.

Belajarlah untuk menerima permintaan maaf. Anda mungkin masih marah, namun selesaikan masalah dengan menerima permintaan maaf istri meskipun anda perlu waktu untuk menenangkan pikiran.

7. OLAHRAGA BERSAMA
Memicu hormon endorfin bersama-sama adalah cara yang baik untuk anda dan istri untuk memelihara tubuh yang sehat dan membangun ikatan. Jika anda ingin membuat istri anda bahagia, luangkan waktu untuh berolahraga bersamanya atau lakukan gerak tubuh ringan bersama minimal seminggu sekali.

Berlatih bersama untuk mengikuti lomba. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat anda berdua lebih dekat sebagai pasangan. Caranya bisa dengan berlatih lari 5 km atau lari maraton. Pergilah ke gym bersama-sama. Anda bisa terus bercakap-cakap saat sedang membakar kalori.
Jika anda berdua bukan penyuka olahraga, luangkan waktu 20 menit untuk berjalan bersama beberapa kali seminggu, baik dipagi hari sebelum sarapan dan sesudah makan malam. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: