6 Sikap Suami yang Membahagiakan Istri

Reportaseterkini.net - Langsung Saja, inilah 6 Sikap Suami yang Membahagiakan Istri :
1. PERJUMPAAN YANG MANIS . Setelah pulang dari bekerja, kuliah, perjalanan jauh atau pun yang lainnya yang telah memisahkan anda dengan istri, mulailah dengan salam atau sapaan yang baik dimulai dari “ Assalamu’alaikum” sambil menyunggingkan senyum, dan ikhlaskan hati anda dan berdoalah kepada Allah untuk istri anda tersayang. Salam dan senyum adalah sunnah, sedang mendoakan istri adalah keajiban anda.


Jabat tangannya kalau perlu cium juga pipinya dan tunda dulu niat anda untuk menyampaikan berita yang sekiranya tidak akan mengenakan hatinya.

2. UCAPKAN PERKATAAN YANG MANIS
Dalam bertutur kata dengan istri anda, pilih kata-kata yang berdampak positif dan hindari yang berakibat negatif. Agar istri anda mengerti apa yang anda katakan, ucapkan setiap perkataan dengan jelas dan ulangi kata-kata bila perlu.

Berilah perhatian ketika anda mendengarkan ucapan atau ceritanya. Hal ini akan membuatnya merasa di hargai, sebagaimana anda juga merasa dihargai, apabila perkataan anda didengarkan dengan baik.
Panggillah dia dengan panggilan mesra yang disukainya misalnya : sweet heart, honey, sayang, dan panggilan mesra lainnya. Kebiasaan ini akan menambah kemesraan hubungan kalian.

3. BERSAHABAT DENGAN SANTAI

Jangan terlalu sibuk dengan urusan anda sendiri, sediakan waktu untuk bercengkrama bersamanya. Sampaikan padanya kabar-kabar yang menyenangkan dan selalu ingatkan dia tentang kenangan indah bersamanya. Dalam hal ini jangan terlalu serius, karena akan membuat kaku suasana. Santailah sedikit, jangan perlakukan istri anda seperti teman sejawat atau bawahan anda di tempat kerja.

4. MENGAJAKNYA SILATURAHIM KE RUMAH TEMAN ANDA

Pilih kerabat dan teman terdekat yang shalih untuk dikunjungi dengan tujuan membina hubungan yang baik dengannya. Banyak dampak positif dari mengunjungi kerabat dan orang-orang terdekat yang shalih ( jangan sia-siakan waktu dalam kunjungan tersebut, gunakan kesempatan bertemu dengan mereka sebaik-baiknya )

Jangan lupa tekankan keharusan mempraktekkan akhlak islami didalam kunjungan anda. Guna menjaga hubungan anda berdua, jangan memaksanya mengunjungi seseorang atau keluarga yang membuatnya tidak nyaman dengan kunjungan itu.

5. MENJAGA “ DAPUR KELUARGA “

Setiap orang punya privasi yang tidak boleh dilanggar. Rumah tangga pun begitu juga, setiap anggotanya punya rahasia yang tidak pantas diketahui oleh orang lain. Oleh sebab itu, jangan sampai anda mengungkapkan kepada orang lain informasi rahasia rumah tangga anda, seperti rahasia ranjang, masalah pribadi istri anda dan privasi lainnya.

6. BANTULAH  IA  DALAM  KETAATAN  KEPADA  ALLAH
Salah satu tanggung jawab anda sebagai seorang suami adalah anda berkewajiban membantu istri didalam ketaatan kepada Allah. Biasakanlah untuk membangunkan istri anda di sepertiga malam terakhir dan ajak dia menegakkan shalat qiyamul lail, ajari dia apa yang anda ketahui dari Al-Qur’an dan tafsirnya, ajari dia dzikir ( cara mengingat Allah dengan mencontoh Rasulullah ) di pagi dan petang.

Selain itu anda juga dapat melakukan hal-hal lainnya, seperti menganjurkan istri anda untuk membelanjakan uangnya dijalan yang diridhoiNya, membawa dia serta ketika mengerjakan haji dan umroh kalau anda mampu. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: