Ternyata Belimbing Wuluh Bisa Mengobati Berbagai Macam Penyakit, Begini Cara Mengolahnya

Reportaseterkini.net - BELIMBING WULUH (averrhoa bilimbi) lebih dikenal sebagai salah satu bahan sayuran. Secara tradisi, orang sakit sariawan memetik buah ini, memotongnya dan menempelkan pada luka sariawan. Rasanya tentu saja perih tetapi orang percaya, belimbing wuluh sanggup mengobati sariawan.


Manfaat 
Belimbing wuluh tak hanya mengandung vitpi juga banyak vitamin, terutama vitamin C, tetapi  juga banyak mengandung zat lainnya, seperti mengandung protein(0,61g), ash(0,31-0,40 g), fiber (0.6g), fosfo(11.1mg), kalsium (3,3mg), zat besi (1,01 mg), thiamine (0,010mg), Riboflavin (0,026 mg), karoten (0,035 mg), Ascorbic Acid (15,5 mg) dan niacin (0,302 mg).

Senyawa yang ada dalam buah belimbing wuluh ini bisa digunakan mengobati bermacam penyakit . Di samping untuk menyembuhkan sariawan buah ini berkhasiat pula untuk menyembuhkan batuk, rematik, hipertensi, sakit gigi, diabetes, gondongan, juga untuk menghilangkan jerawat dan panu.
Daunnya pun diyakini memiliki banyak manfaat. Di Filipina, orang menggunakan daun belimbing wuluh untuk menghilangkan gatal-gatal, sakit kulit, di gigit serangga, radang, bengkak, gigitan serangga dan sebagai tonikum bagi wanita yang habis melahirkan.

Selain itu, ekstrak daun belimbing wuluh juga mengandung sejumlah senyawa flavanoid dengan tipe luteoin. Senyawa ini, bersama dengan apigenin dikenal cukup ampuh dalam menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri seperti bacillus, staphylloccus aureus, corney bacterium diphtheria.

Olahan
Belimbing wuluh dapat diolah menjadi makanan. Salah satu olahan favorit dari buah ini adalah dibuat manisan. Berikut cara membuatnya:

Bahan:

  • 1kg buah belimbing wuluh
  • 2 sendok makan garam 
  • 400 gram gula pasir 
  • 10 butir manisan kiamboy hitam 

Cara membuat :

  • Cuci bersih buah belimbing wuluh, buang bagian pangkalnya, lalu belah menjdi 4 bagian. 
  • Letakkan irisan buah kedalam mangkuk plastik, lalu taburi 2 sendok makan garam dan aduk hingga rata . Diamkan selama 2 jam .
  • Setelah 2 jam , cuci bersih buah beberapa kali dengan air sampai garam hilang dan rasa buah tidak terlalu asin .Gunakan air matang untuk bilasan air terakhir. Tiriskan dan tuangkan kembali belimbing ke mangkuk . 


  • Taburkan gula pasir, aduk kembali hingga rata . Diamkan atau masukkan kedalam kulkas selama minimal 4 jam, sambil sesekali  diaduk-aduk .
  • Setelah 4 jam atau lebih, akan keluar cairan yang banyak . masukkan manisan kiamboy, aduk rata. Setelah itu, warna air akan menjadi keruh. 
  • Manisan siap di nikmati , untuk penyimpanan bisa dituangkan kedalam stoples dan simpan dikulkas. [reportaseterkini.net]

Baca Juga Wanita Ini Mengoleskan Susu Beruang Pada Wajahnya, Hasilnya Bikin Melongo (Klik Gambar)
 DESKRIPSI GAMBAR    

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Ternyata Belimbing Wuluh Bisa Mengobati Berbagai Macam Penyakit, Begini Cara Mengolahnya "

Post a Comment