Serai Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Pengobatan Tradisional, Begini Olahannya

Reportaseterkini.net - SERAI (cymbopogon citratus), dikenal pula dengan nama sereh , merupakan salah satu jenis tanaman dari suku rumput-rumputan yang memiliki banyak khasiat selain bermanfaat untuk kesehatan manusia , serai juga biasa digunakan sebagai bahan tambahan untuk bumbu dapur . Bahkan , serai bisa pula dipakai untuk mengusir nyamuk atau sejenis serangga lainnya. Tanaman ini tersebar luas dihampir seluruh wilayah Asia Tenggara , terutama di Indonesia dan Filipina, karena termasuk tumbuhan tropis . Sebutan Internasional untuk serai adalah lemon grass atau oil grass. Tanaman serai dapat diolah menjadi minyak yang disebut atsiri dan memiliki banyak sekali kegunaan bagi kesehatan.



Manfaat 
Manfaat serai bagi kesehatan manusia antara lain untuk meredakan rasa nyeri ketika haid dan meredakan timbulnya rasa mual bagi wanita, memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf, menghangatkan dan melemaskan otot, meredakan kejang-kejang, mengobati infeksi kulit, menghilangkan jerawat , serta menghilangkan bau badan tak sedap .
Serai  juga dapat menyembuhkan penyakit tipus, keracunan makanan, mencegah penyakit kanker, mengobati gangguan pencernaan , sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, obat diare, menurunkan tekanan darah dan merangsang sirkulasi darah, untuk detoksifikasi tubuh, meringankan semua jenis peradangan seperti nyeri sendi, nyeri otot, sakit gigi, dan lain-lain.

Olahan
Selain untuk menyembuhkan bermacam penyakit dan sebagai bahan tambahan bumbu dapur untuk mengharumkan masakan, serai juga bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan . Salah satunya adalah minuman wedang serai.
Berikut ini bahan dan cara membuatnya :

Bahan :
  • 3 batang serai 
  • 1000 cc air matang 
  • 200 gram gula pasir 
Cara Membuat 
  • Cuci serai hingga bersih, lalu ikat dengan simpul. 
  • Rebus air hingga mendidih, lalu masukan serai yang telah di ikat . 
  • Jika aroma serai sudah tercium harum, masukan gula pasir. 
  • Aduk-aduk hingga gula larut .
  • Angkat dan dinginkan sejenak
  • Wedang serai yang hangat, nikmat, dan sehat, siap untuk diseruput. [reportaseterkini.net]

Baca Juga Wanita Ini Mengoleskan Susu Beruang Pada Wajahnya, Hasilnya Bikin Melongo (Klik Gambar)
 DESKRIPSI GAMBAR    

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Serai Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Pengobatan Tradisional, Begini Olahannya "

Post a Comment