Selain Untuk Menyehatkan Rambut, inilah Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Reportaseterkini.net - LIDAH BUAYA (aloe barbadensis miller) merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dikenal memiliki banyak faedah , baik untuk kesehatan, kecantikan, minuman dan makanan ringan, maupun digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman yang juga populer dengan nama aloe vera adalah jenis tanaman berduri yang biasa tumbuh dilahan kering. Tanaman lidah buaya sudah dikenal oleh peradaban manusia ribuan tahun silam karena mempunyai berbagai macam khasiat yang luar biasa.



Awalnnya, lidah buaya sering digunakan untuk penyubur rambut, penyembuh luka, dan bahan perawatan kulit. Namun, pada perkembangannya kemudian, manfaat yang ditemukan pada lidah buaya semakin banyak.

Ada lebih dari 300 jenis lidah buaya yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Namun, hanya beberapa saja yang telah dikenal secara pasti bisa digunakan untuk kebutuhan manusia. Selain disebut aloe vera, lidah buah juga dikenal dengan berbagai nama lain seperti miracle plant, natural healer, burn plant, medicine plan, wand of weaven, plant of life, dan lain-lain.

Manfaat 
Banyak sekali manfaat lidah buaya untuk kesehatan serta untuk perawatan rambut dan kulit karena tanaman ini mengandung paling sedikit 72 jenis zat gizi dan 200 senyawa lainnya yang sangat berguna bagi manusia, diantaranya adalah enzim, semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral, glukosa, saponin, serta 20 dari 22 jenis asam amino, dan masih banyak lagi.

Adapun khasiat lidah buaya antara lain membantu melancarkan pencernaan, sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri, membantu proses regenerasi sel, menurunkan kadar gula darah ( diabetes), mengontrol tekanan darah, meringankan varises pada ibu hami, menyembuhkan gusi bengkak, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap penyakit kanker, dan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker bahkan untuk penderita HIV/AIDS.

Lidah buaya juga dapat membantu meringankan masalah peradangan seperti radang usus besar, radang tenggorokan. Bisa pula mengobati obat maag, panas dalam, menyembuhkan luka termasuk luka bakar, serta menambah tenaga dan vitalitas.

Tanaman ini juga berguna untuk mengobati wasir, sakit kepala, kejang pada anak, batuk rejan, muntah darah, kencing manis, peluruh haid dan lainnya. Hebatnya lagi, hingga saat ini belum ditemukan efek samping dalam penggunaan lidah buaya. Aloe vera bermanfaat pula untuk kesehatan rambut, wajah, dan kulit.

Olahan 
Tak hanya untuk kesehatan ,aupun perawatan tubuh dan rambut, tanaman lidah buaya saat ini juga telah dimanfaatkan untuk di kinsumsi baik dalam bentuk makanan ringan maupun minuman yang tentu saja memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Salah satu olahannya adalah pudding lidah buaya, berikut ini resep dan cara membuatnya.

Pudding Lidah Buaya 
Bahan-bahan 

  • Lima batang lidah buaya, pilih yang besar atau yang banyak dagingnya
  • Air secukupnya 
  • Agar-agar bubuk 
  • Susu kental manis 
  • Gula pasir 

Cara Membuat :

  • Kupas lidah buaya, potong-potong, dan cuci sampai bersih dari lendir.
  • Haluskan lidah buaya dengan menggunakan blender bersama air secukupnya.
  • Saring dan pisahkan ampasnya
  • Campur air hasil saringan lidah buaya dengan agar-agar bubuk 
  • Tambahkan susu kental manis dan gula sesuai selera, aduk merata.
  • Panaskan campuran tersebut sambil terus diaduk-aduk (seperti membuat agar-agar).
  • Tuangkan hasilnya kedalam cetakan, dinginkan sebentar, lalu masukkan ke lemari es. Jika sudah dingin, siap untuk dinikmati. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: