Selain Untuk Menghangatkan Badan, ini Manfaat Luar Biasa Jahe Bagi Kesehatan

Reportaseterkini.net - JAHE (zingiber officinale) adalah salah satu jenis rempah-rempah yang paling populer. Selain untuk bumbu masakan , jahe juga memiliki banyak kegunaan lainnya, termasuk bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Jahe biasanya digunakan untuk memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan dan pernah menjadi komoditas yang sangat laris dipasaran Eropa.



Asal jahe diperkirakan dari India. Akan tetapi, ada juga yang meyakini bahwa tanaman yang memiliki bahasa internasional ginger ini berasal dari Cina dan sangat mudah dikembangkan diberbagai Negara di Asia, seperti Asia Timur(Jepang, Korea), Asia Barat (Timur-Tengah), Asia Tengah (India, Pakistan), hingga Asia Tenggara termasuk di Indonesia.

Manfaat 
Selain berfungsi utama untuk menghangatkan badan, jahe juga mempunyai banyak sekali faedah bagi kesehatan manusia, seperti untuk melancarkan peredaran darah yang bisa menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung, untuk mengobati perut kembung dan nyeri, mengobati gangguan pencernaan, juga iritasi usus.

Tak hanya itu, jahe juga bisa untuk meringankan migraine atau sakit kepala sebelah, obat demam dan batuk, mencegah perut buncit, menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, mengobati sakit gigi, mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur, membuat tubuh perkasa, dan mengobati jerawat.
Jahe ampuh pula untuk mencegah mabuk perjalanan, mencegah alergi, mengobati morning sickness bagi ibu hamil, menangkal radikal bebas, mengobati peradangan, membersihkan kotoran dalam tubuh, memerangi sel kanker, menurunkan kolestrol, mengobati luka gigitan ular, pereda sakit, pereda nyeri dan sendi kaku.

Olahan 
Banyak sekali jenis kuliner yang diolah dengan memakai jahe sebagai salah satu bahan utamanya, baik masakan, makanan ringan, minuman, bahkan permen. Jenis olahan jahe yang paling mudah dan populer adalah wedang jahe, berikut ini cara membuatnya:

Bahan: 

  • 1 liter air 
  • 100 gram jahe, kupas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan bonggolnya
  • 2 lembar daun pandan, sobek-sobek
  • 200 gram gula merah

Cara membuat:

  • Rebus air bersama semua bahan dalam panic tertutup dengan api kecil selama 30 menit. 
  • Angkat dan saring.
  • Hidangkan selagi hangat 
  • Sapat pula ditambahkan susu atatu madu sesuai selera. [reportaseterkini.net]

Subscribe to receive free email updates: