Selain Untuk Melancarkan BAB, Inilah Khasiat Luar Biasa Buah Pepaya

Reportaseterkini.net - PEPAYA Nama papaya di Indonesia diambil dari bahasa belanda yakni papaja. Dalam bahasa latin disebut carica papaya, muasalnya dari Meksiko bagian selatan. Saat ini papaya  sudah menyebar diberbagai belahan dunia yang memiliki iklim tropis. Di Nusantara, papaya menjadi buah yang sangat familiar bagi masyarakat  desa maupun kota. Pohon papaya mudah ditanam dan tidak diperlukan perawatan khusus. Selain itu zat gizi terkandung dalam tanaman ini pun lengkap mulai dari biji, daun, batang, akar, dan buahnya.



Manfaat 
Sari akar tanaman papaya ampuh sebagai obat  penyakit kencing batu dan penyakit saluran sedangkan bijinya bisa digunakan sebagai obat penyakit cacing kremi. Batang, daun, daun dan buah papaya muda mengandung getah berwarna putih. Getah ini adalah sumber enzim papain, yaitu suatu enzim proteolitik(pemecah protein), kerap digunakan sebagai pengempuk daging. Papain juga digunakan pada industry minuman(sebagai penjernih bird an anggur), industry farmasi, industry kosmmetik, industry tekstil dan kulit(sebagai penyamak), serta sebagai pembersih limbah. Perasan daun papaya muda mengandung alkaloid berasa pahit yang konon berkhasiat sebagai obat penyakit malaria, dan pembunuh amuba. Daun papaya muda dapat diolah menjadi buntil, urap, atau lalap rebus.

Nah, bagian dari papaya yang paling poluer adalah buah matang. Selain memiliki banyak manfaat rasanya pun manis, buah papaya matang unggul dalam hal beta-karoten, betacryptoxanthin, lutein dan zeazanthin.

Beta- karoten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan ampuh menangkal serangan radikal bebas. Sementara betacryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin lebih banyak berperan sebagai antioksidan untuk mencegah timbulnya peyakit kanker dan berbagai penyakit degeneratif. Vitamin C, folat, dan kadar serat dalam buah pepaya termasuk tinggi. Pepaya dikenal mujarab memperlancar proses buang air besar(BAB). Selain itu, komposisi mineral  pada buah pepaya matang sangat bagus mencegah terjadinya hipertensi. Keunggulan lain dari buah pepaya adalah rendah lemak, no kolesterol, dan rendah sodium.

Olahan 
Jarang orang mengolah buah pepaya, biasanya buah ini dimkana langsung, atau dibuat bahan sayur saat buah buah masih mentah. Nah ternyata buah ini pun bisa diolah menjadi keripik, berikut caranya.

Bahan dan Alat:

  • Buah pepaya ( Matang tapi masih keras namun sudah manis. Cirinya, bila digores tidak banyak getahnya)
  • Pisau 
  • Telenan 
  • Kompor 
  • Wajan

Cara membuat:

  • - Kupas pepaya, belah, lalu buang bijinya
  • - Cuci bersih dan iris tipis
  • - Celup ke air panas kira-kira 3 menit sambil diaduk pelan (1kg buah dalam 2 liter air panas). Maksudnya, untuk mematikan enzim penyebab kecoklatan dan mengurangi mikroba 
  • - Ditiriskan sampai kering lalu goreng sampai kering
  • - Untuk menambah rasa bisa dicampur dengan garam atau bumbu instan tergantung selera. [reportaseterkini.net]

Baca Juga Wanita Ini Mengoleskan Susu Beruang Pada Wajahnya, Hasilnya Bikin Melongo (Klik Gambar)
 DESKRIPSI GAMBAR    

Subscribe to receive free email updates: